Menyongsong Era TV Digital……..

Call ke sini aja buat info

Call ke sini aja buat info

Beberapa waktu yang lalu sempat melihat iklan di televisi tentang tv digital yang digalakkan oleh pemerintah melalui kementerian komunikasi dan informatika (kominfo).  Sebenarnya awal tahun lalu sudah pernah disampaikan oleh pak menterinya. Lantas……saya penasaran!!!!!xixixixi…..kayak apa sih itu TV digital coz dibenak saya TV digital itu kan TV kabel, pake satelit, pake parabola, trus beli decodernya…..!!

Jangkauan TV digital

Dari pemaparan yang ada baik dari situs resmi kemenkominfo maupun sumber lain terkait TV digital. Dapat saya tarik kesimpulan (garis besarnya saja), pertama 5 tahun mendatang tepatnya di tahun 2018, siaran TV analog akan ditiadakan dan itu sudah diperkuat dengan peraturannya (nasional maupun internasional). Kedua siaran dilakukan melalui pemancar di bumi (Terrestrial). Ketiga untuk menikmati siaran TV digital harus membeli Set Top Box atau TV yang sudah support. Keempat Cuma butuh antena biasa aja, lebih tinggi lebih baik. Kelima siarannya free to air, bahasa gaulnya sih gratis………xixixixi.

Lantas TV digital itu kayak apa sih?secara sederhananya saja, konten acara siaran televisi disiarkan melalui jarigan radio seperti halnya siaran analog namun data yang dikirimkan berupa data digital. Nah dalam memancarkan nya ini bisa melalui satelit (di langit) maupun pemancar (di bumi). TV kabel dengan providernya seperti misalnya Indovision, Telksomvision, Aurora itu merupakan siaran tv digital yang di pancarkan melaui satelit (di langit).  Nah ada juga provider yang menawarkan jasa tv digital dengan pemancar di bumi seperti provider Nexmedia. Ada juga yang lebih advance lagi melalui jaringan fiber optic seperti Firstmedia. Kalo Firstmedia konten TV digitalnya dibawa oleh jaringan fiber optic internetnya (kabel).

Getmecom

So……dari situ saya berpikiran untuk membeli Set Top Box (STB) aja yah meskipun kabar2nya belum banyak stasiun TV yang mulai, tapi setidaknya mulai mencoba TV digital hehehe. Yah dipasaran memang belum banyak receiver TV digital, yang agak dapat dipercaya sih Getmecom coz satu pabrikan dengan Gadmei. Gadmei pun sudah terkenal dikalangan pengguna komputer sebagai penyedia alat TV tuner. Teknologi yang digunakan dalam TV digital standarnya adalah DVB-T2, jadi receiver (set top box atau televisinya) harus punya hardware yang support DVB-T2. Ilustrasi sederhananya seperti gambar dibawah ini.

Konfigurasi STB

Konfigurasi STB

Jadi klo TV anda tidak support DVB-T2 maka belilah STBnya, klo TV anda sudah support DVB-T2 tinggal colok ke antena. Harga STBnya?saya tebus Rp 390.000,- dah termasuk ongkir. Harga satuannya sih Rp 365.000,-. Yah tinggal nyolok colokan antena ke STB, trus nyambungin kabel dari STB ke TV, selesai, simple kok. Trus nyalakan TV dan STB, masuk kemenu input video sepeti layaknya mau menonton dari DVDplayer, scan channelnya……..jreng Cuma dapet dikit ternyata. Ada B TV, Metro TV, TVRI1234, BSTV, sama siaran percobaan LP3M. kualitas gambar+suara?jernih banget yah walaupun terkadang sedikit “lag” coz tergantung kekuatan+kestabilan sinyal yang ditangkap. Untuk antena,punya saya Cuma booster didalam rumah plus antenna luar ditaruh di atas ya kira-kira 2 meteran dari atas tanah lha cuman ditaruh diatap dak depan doang ga pake apa2. Klo dinaikin ke 5 meteran mungkin bisa nangkep yang lainnya, oh ya lokasi ada di Kranji. Berminat nyoba?……………

Tags: , , , , ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

3 responses to “Menyongsong Era TV Digital……..”

  1. Aa Ikhwan says :

    welcome😀

  2. ario says :

    Iyaa neeh.. Penasaraan.. Operationalnya kayak UHF yaak, tp datanya itu digital, gitu ya gaan??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: