Tag Archive | Keselamatan Berkendara

Hey Ladies, Does He Really Love You?

Biasanya waktu sore hari, saya atau mungkin Anda bertemu dengan pasangan muda mudi yang sedang/akan/setelah ng-date naik motor. Kelihatan mesra sekali sampe2 terkadang jok belakang masih muat satu orang xixixixixi…..tapi lucunya sering kita temuin sang Cowok dengan gagahnya memakai helm bahkan Full Safety Gear……tapi Ceweknya gak pake helm…ckckck……..

Ilustrasi………

Read More…

Tukang Ojek Pun Seharusnya Sadar Akan Keselamatan Berkendara……..

Sewaktu cuti bebrapa minggu yang lalu, setelah turun dari bis saya harus menyambung lagi ke rumah dengan naik ojek. Maklum, daerah kota kecil memang kalo sudah malem susah nyari angkot. Alhamdulillah masih ada beberapa tukang ojek yang mau standby mencari rejeki di pemberhentian bis AKDP, malem2 pula, tepatnya jam 12malem.

Yak, ojek yang saya naiki adalah ojek dengan honda wing100 butut. Sudah banyak tambal sulam, sambungan kabel2, kelengkapan laik jalan pun sebenarnya ada tapi ya seperi ala kadarnya. Horror juga sih, meskipun ada tukang ojek lainnya, tapi sudah pasti itu ada aturan main giliran ngojek. Sebagai pengguna jasa ojek, klo saya diberi helm sebenernya sudah sangat seneng sekali, artinya sang tukang ojek sadar akan keselamatan para penumpangnya. Tapi kebanyakan praktek dilapangan, banyak sekali tukang ojek yang tidak ngasih penumpangnya helm, padahal sendirinya dia pake helm, coba perhatikan dengan seksama lagi ojek2 yang kita lihat dilapangan, kebanyakan sperti itu.

Dangerous...........!!!!

Read More…

Berapa Liter Lagi Kah?……..Seharusnya Sesuai……..

Maksud postingan ini adalah untuk sekedar sharing ringan saja bagi pengguna motor vixion, terkait berapa jumlah BBM yang harus diisi jika indikator BBM sudah mulai turun.  Setelah hampir 2 tahunan menunggangi nih motor, dapat saya tarik sebuah benang merah, rerata jumlah BBM yang bisa masuk ke dalam tangki menurut indikator BBM (g sampe luber-luber ngisinya). Berikut penjelasannya:

Kapan yak Nex Vixion Speedonya diganti digital?

Read More…

Berhentilah Nyeret Kaki………..!!!!!!!

Sudah 2 tahunan ini saya bekendara motor setiap hari. Sepanjang perjalanan bertemu macam2 pengendara motor, mulai yang dari amatiran, baru belajar, slengekan, konstan, ugal-ugal, sombong, pelan2 asal slamet, suka ngebut, suka modif, wes macem2 lah jenisnya. Lantas pikiran saya tertuju pada sosok pengendara amatir/baru belajar, bisa dikata kurang ahli mengendarai. Ciri2nya?pada umumnya sih suka nyeret kaki kalo naik motor di kecepatan rendah, yah sekitar 2-10 kpj.

Menyeret kaki itu berbahaya lho dan kadang kala bikin jengkel pengendara dibelakangnya. kaki yang terjuntai ke aspal beresiko mencederai kaki bisa jadi terantuk sesuatu, misalnya ketojos paku, terantuk batu, terantuk kotoran etc. Resiko lainnya yang lebih sadis lagi ya kelindes ban kendaraan lain, lak repot klo nyangkut di ban. Belum lagi klo dah begitu (nyeret kaki) cuman make sendal pula, lebih meningkatkan resiko kaki cedera, jadi ngeri sendiri……..!!!!!!!

Yap, fenomena ini menurut saya perlu disikapi dengan bijaksana. Pasalnya kondisi itu pun sebenarnya karena (mereka) naik motor biayanya jauh lebih murah dibandingkan dengan naik kendaraan umum. Lantas seyogyanya, bagi keluarga/teman perlu diingatkan untuk intensif lagi belajar ketrampilan  dalam bekendara. Bagi Aparat berwenang juga kudunya lebih selektif lagi dalam memberikan SIM. Kasihan nti klo seandainya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, salah satu penyebabnya karena faktor kurang ahli dalam berkendara. Read More…

Ingat-Ingat Pesen Mama…………

Semalam, sewaktu balik ke kantor, rupanya ada telepon dari Mama…….setelah berbla-bla-bla……seperti biasa sebelum ditutup nasehat/petuah/pesan selalu disematkan untuk menjadi guide kepada anak-anaknya…..isi pesannya simpel tapi bagi saya harus dilaksanakan:

Kalo naik kendaraan (motor) jangan ngambil jalur busway, itu bukan jalur kamu, sekarang musim hujan jangan lupa bawa jas hujan, g usah banter-banter naek motornya (ngebut), ngalah aja.

Read More…