Persamaan Persepsi Tentang Hilal………

Hilal……Bulan Sabit……….

Ada yang menarik dalam sidang isbat penentuan awal ramadhan, terlihat ada harapan bahwa merasakan bersama-sama menjalankan ibadah puasa dan bersama-sama pula merayakan kemenangan (Idul Fitri).  Disalah satu kesempatan muncul lah ketertarikan  saya pada salah satu perwakilan ormas. Beliau meragukan tentang statement salah satu ormas yang menyatakan melihat hilal. Sampai-sampai meminta kementrian agama untuk menyelidiki hal tersebut.

Yah, memang pada teori dan kalkulasi yang telah dibuat, seharusnya memang tidak memungkinkan untuk melihat hilal tersebut, Wallahualam bishawab. Beliau juga memahami benar terkait ormas2 tentang  penetapan bulan baru melalui hisab, rukyat maupun pemerintah (taat pada pemerintah). Sehingga beliau mengajak para ahli-ahli untuk berunding tentang dasar penetapan bulan baru yaitu apa itu bulan baru/Bulan sabit (bentuknya memang kayak sabit) atau lebih dikenal dengan HILAL.

Kelihatan ga Bang???…………

Menurut sepahaman saya, memang hal itu lebih tepat untuk didiskusikan. Misalkan saja statement salah satu ormas yang menyatakan (berdasarkan hisab) umur hilal sekian menit/jam. Analoginya mungkin seperti saat ini pukul 23.59 WIB, 2 menit kedepan sudah pasti pukul 00.01 WIB yang artinya sudah ganti hari, jadi tanpa menunggu matahari terbit pun dia sudah tahu kalo sudah berganti hari. Ada pula ormas  yang menyatakan meskipun umur bulan sekian menit/jam karena g bisa dilihat ya dianggap belum bulan baru. Bukannya mereka tidak percaya bahwa ada bulan baru tapi mereka lebih yakin (lebih tenang) apabila telah meilhatnya.

Hal tersebut bagi masyarakat awam yang ilmu agama dan pengetahuan nya belum “advance” tentu membingungkan kok ada 2 Ramadhan?. Bagi yang sudah “advance” tentu hal tersebut sudah tidak menjadi wilayah abu-abu. Tentu sudah menjadi tugas pemerintah dan tentunya umat Islam di dunia untuk bersepakat tentang hal ini. yah lucu aja sih, kalender Masehi yang dah berumur 2012 tahun bisa disepakati bersama tetapi kalender Hijriyah yang dah berumur 1433 tahun masih belum kompak. Bukankah Mereka beredar ditempat yang itu-itu aja?……………………………

Tags: , ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

One response to “Persamaan Persepsi Tentang Hilal………”

  1. Aa Ikhwan says :

    sip ajib,..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: