Naik KRL?…..Lumayan………Sedikit Lebih Baik…….

Beberapa hari ini saya mencoba berganti ke transportasi publik, yaitu Kereta Rel Listrik (KRL). Berhubung mau pulang kampung ya berarti harus naik transportasi publik, kebetulan pula biaya naik motor saat ini 11-12 sama naik KRL. KRL daerah jabodetabek kalo tidak salah di organisir oleh anak perusahaan PT. KAI yaitu PT. KAI Commuter Jabodetabek dengan situs resminya http://www.krl.co.id/. Untuk komunitasnya (pengguna KRL) juga ada dengan situsnya http://www.krlmania.com/. Sewaktu tahun 2009-an seingat saya KRL Express Bogor – Jakarta Kota (terkenal dengan Pakuan Express) masih tersedia dan KRL Ekonomi masih sering dijumpai.

Sektiar tahun 2010 atau 2011 KRL Express dihilangkan dan KRL Ekonomi mulai “disisihkan” bertahap. Digantikan dengan sistem 15 menit KRL yang mampir di setiap stasiun dan pada 5 Desember 2011 diberlakukan LoopLine yang pada dasarnya untuk menambah jalur perjalanan dengan jumlah armada yang ada:

Sepertinya Masyarakat Sudah Beradaptasi………


Pada saat Pakuan Express masih beroperasi, saya merasa ada banyak waktu yang terbuang jika naik KRL AC/Ekonomi, yah penyebabnya di take over Pakuan Express, dan itu pun penumpang HARUS menunggu KRL tersebut datang. Digantinya Pakuan Express dengan sisem 15 menit + Loopline tentu membuat pelanggan Pakuan Express harus rela berjubelan layaknya KRL AC tapi membuat penumpang KRL AC/Ekonomi tak harus lagi lama2 menunggu.

Hal positif yang saya nikmatin dari naik KRL (dibanding dengan sistem sebelumnya/Pakuan Express masih ada) adalah Kecepatan sampai di Kantor. Meskipun relatif untuk beberapa orang, saya pribadi merasakan KRL itu lebih cepat sampai ketimbang naik kendaraan pribadi (motor). Jujur saja saat naik  KRL saya memastikan bahwa saya berangkat (keluar dari kosan dan mengunci pintu) di jam yang relatif sama dengan naik motor. Beda sampai ke Kantor lumayan jauh euy……….bisa 15-30menitan……….!!!!!!!

Hal negatif yang tak temuin mungkin masalah berjubel di dalam gerbong. Hal klasik, tapi jujur……..yang tak rasaian kok tak separah waktu dulu yang sampe bikin orang teriak2 kejepit. Jujur aja capekan naik motor ketimbang naik KRL. Yah semoga dengan rencana bertambahnya 2 armada KRL bisa sedikit membuat lega di dalam gerbong, dan kabarnya akan dibuat relatif terjangkau.

Semoga Transpotasi Publik diperbanyak, terjangkau baik itu biaya maupun aksesnya, tepat waktu, aman dan nyaman………:-)

Tags: , , , , ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

5 responses to “Naik KRL?…..Lumayan………Sedikit Lebih Baik…….”

  1. Aa Ikhwan says :

    wew ajiib,.. jd inget mas2 kuliah dulu😀

  2. blognyamitra says :

    Udah lama banget gak naik KRL, terakhir ke UI Depok… yang paling sering sih naik transjakarta…🙂

    • beckhem says :

      transjakarta dah mulai uzur…..g jauh beda sama bis2 kota, AC nya sepoi2, cata dah pada nglupas, suara+getaran gardan dah g keruan, pintu2 dah mulai tak terawat, petugasnya dah buluk bajunya, halte2nya dah kusam….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: