Hal Positif dan Negatif Koleksi VCD/DVD/HDDVD/BlueRay vs Download Film

Well…..dulu hobi nonton film jaman kuliah bela-belain deh ke Mangga Dua buat  hunting film2 yang baru keluar. Kenapa g nyari di sekitaran kampus?mengecewakan, dalam arti ya memang sih sedikit lebih mahal, tapi kualitas keeping DVD plus kontennya kadang jauh dari harapan. Meskipun boleh dicoba diputer dulu, insting saya bilang itu bukan gambar DVD. Beda kalo di Mangga Dua, relative lebih “jujur”, lebih murah, Bergaransi pula, seminggu sih tapi ya lumayan lah. DVD yang tak maksud adalah DVD 5-7rb-an itu lho.

DVDnya banyak bener............


Semakin majunya teknologi dan jaringan data internet beberapa tahun belakangan ini, menyebabkan banyak sekali film2 yang sudah berhasil diupload ke internet dan bisa dibilang gratis di unduh, tinggal tergantung pada usernya kuat bayar internet nya apa ga buat ngdownload. Jadi user pengoleksi film saat ini bisa saya bilang terbagi menjadi 2, Pengoleksi VCD/DVD/HDDVD/BlueRay dan Pengoleksi Download. Apa sih hal positif dan negatifnya?

Pengoleksi VCD/DVD/HDDVD/BlueRay

Pengoleksi jenis ini tentu harus hunting VCD/DVD/HDDVD/BlueRay film yang ditonton. Namun dipasaran para penjual dengan upaya pemanfaatan teknologi kesemua format film dimasukkan dalam satu format DVD, fomat yang common untuk dimengerti dan ditonton dengan player2 yang ada di pasaran. Harga yang harus dibayar berkisar 5-7rb-an per keping DVD, tentu ini yang bajakan sedangkan format aslinya bisa 10 kali lipat dari DVD bajakan itu sendiri.

Butuh Space dan Perawatan.......

Kerugian dari pengoleksi ini adalah lebih ke arah daya tahan keping DVD itu sendiri. Intinya harus telaten banget, jangan sampai deh permukaan DVDnya terkena goresan lebih parah lagi klo jamuran. Kalo sudah terkena goresan atau jamur, wah alamat susah tuh buat sang player membaca kepingan DVD. Terlebih kalo yang dikoleksinya Cakram yang Asli, bisa nangis Bombay tuh……Tentu sang kolektor juga harus menyiapkan tempat yang luas untuk menyimpan koleksi2nya.

+: Mudah didapat khususnya yang bajakan, dapat diputar di player yang umum dijual dipasaran.

-: harus telaten merawat Keping DVD. Perlu space ruangan untuk menyimpan Koleksi.

Pengoleksi Donwload Film

Pengoleksi ini huntingnya sudah pasti di Internet. Biayanya?ya tergantung provider penyedia jasanya. Ada yang nebeng di kantor, ada yang Rp 50rb dah unlimited ada juga yang beratus-ratus ribu bahkan mungkin ada yang jutaan tergantung kemampuan sang pengoleksi. Kualitas filmnya juga dapat disesuaikan, tergantung selera  pengoleksinya dan penyedia jasanya.

500GB bisa menampung sekitar lebih dari 600 film 800Mb-an.....

Kerugian dari pengoleksi jenis ini adalah membutuhkan ruang penyimpanan berupa HardDisk, baik itu HardDisk internal maupun eksternal. Makin besar makin bagus, Bahkan ada yang build in playernya juga…… tapi tentu harganya juga “bagus” hehehee……..Hal yang paling mengerikan dari pengoleksi ini adalah HDnya rusak………kehilangan data yang tak ternilai harganya……!!!!!!kenapa?ya sudah bersusah payah download, ngatur2 file, biaya beli HDnya, apalagi untuk restore data-nya pun mahal……..!!!!!.

+: Kualitas Sesuai dengan keinginan, ga repot nyari2 film di rak DVD.

-: Perlu usaha lebih untuk mendapatkan file film, Perlu space HD yang besar. Apabila HD rusak memungkinanan kehilangan semua data. Hanya bisa diputar di komputer/laptop dan player2 khusus.

Hmm………..saya pribadi dah berpindah ke tipe Pengoleksi Download film, tipe manakah Anda?

Tags: , , , ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

14 responses to “Hal Positif dan Negatif Koleksi VCD/DVD/HDDVD/BlueRay vs Download Film”

  1. Gogo says :

    idem bro, jam msh sekolah seringnya k rentalan. kul hobi ngopy diwarnet, skrg psng speedy lmyan bs downlod film sepuasnya. g enaknya, klo koneksi terganggu n storagenya penuh..

  2. Okay says :

    Download film lbih praktis, klo space hdd g mncukupi, backup aja ke Dvd… ^^

  3. trayothegreat says :

    enakan donlot, apalagi sejak pake sitrawimax ngacirrr..

  4. Ganzimaru says :

    ky temen ane dong, koleksi kaset dvdnya bnyak,
    Tp kalo sya pribadi sih lebi suka yg dlam bntuk file ya.,
    mudah perawatan:mrgreen:

  5. vian says :

    Klau gue masih ngejar DVD bajakan ya bro..tp kualitas dach Ori gitu,…klau film ya bagus (ceritanya), gue copy/paSTE filenya ke dalam HDD External 500 GB, jd pas cakram DVD bajakannya rusak gue tinggal burn aja file yg ada di HDD Ekternal gue tadi…lebih berkualitaskan

    • beckhem says :

      biasanya sih klo dah bajakan ori dah ada rippingnya, ane lebih demen download rippingnya, jadi HDD nya bisa lebih banyak nyimpen film setidaknya 4-5 kali dari dvd, 1 dvd rata2 rata2 4 gb setara 5 film ripping blue ray 720p @ 800 MB hehehehe…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: