Periksa Kabel Kelistrikan Anda…….

Masih Inget postingan Engine Check?waktu itu dugaan mengarah tidak stabilnya kelistrikan FI (berdasarkan tabel trouble engine check dan akibatnya). Sebab sumber errornya belum diketahui pasti apa ada sensor yang error, kabel yang kejepit, kabel korslet atau yang lain…… tapi 2 hari belakangan dah bikin ketar ketir bawa motor, lha iya….masak lampu utama nyalanya dah kayak motor bebek aja, terang kalo digeber, lampu+mesin seperti brebet klo nyalain lampu sein/ngerem, jarum rpm juga ngdrop ke NOL (klo ngerem).

Akhirnya tadi malam iseng saja ngecek kabel2 yang sering kesenggol/berinteraksi dengan manusia.  kabel2 yang ini maksudnya:

Dicek dulu, siapa tahu ada yang kendor......

Trus Diapain?ya cuma cek aja, siapa tahu sambungannya ada yang kendor, terutama kabel yang dijadiin  setting FID tool oleh mekanik. Lagi pula tak terlalu paham banget masalah beginian, intinya ngecek ada yang rusak apa g kabel2nya. Yah cuma ditekan-tekan aja sambungan antar kabel dan colokan yang lain. Segitu aja setelah itu tidur lagipula ngerjainnya pas motor ada di dalam kamar kos. Hasilnya?pagi tadi alhamdulilllah kelistrikan lancar….!!!!!lampu dah g kayak motor bebek lagi, ngerem pun jadi lebih tenang coz jarum rpm pun dah g ngdrop ke NOL lagee dan mesin g brebet……Tapi ya tetep nti pas servis di utarakan kejadian-kejadian seperti ini…..

yah ini cuman sekedar sharing pengalaman, siapa tahu dengan memeriksa sambungan kabel kelistrikan kita malah menemukan sesuatu yang tidak beres. sehingga bisa diperbaiki sendiri (klo ngerti) atau saat servis tak perlu terlalu ribet saat menjelaskan trouble ke mekanik.

Tags: , , ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

3 responses to “Periksa Kabel Kelistrikan Anda…….”

  1. Aa Ikhwan says :

    sip..ajiib😀

  2. teralis pager says :

    bener pak, kadang kalo di dealer ngejelasinnya ribet tapi malah tidak mudeng😀
    kadang masalah sepele tapi jadi keluar banyak duit.
    salah-salah malah dibongkar semua kabel body nya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: