Pentingnya Pengetahuan Engine Check Vixion

Well…..senin malam kaget juga saat riding mau melambatkan sang motor (dah mau hampir berhenti sih), seperti biasa tarik kopling, rem belakang depan diaktifkan. Tiba-tiba…..bleg…getaran motor tak ada….rpm menunjuk angka NOL….suara knalpot mati….?lho kok mati, ono opo iki?Berusaha untuk tidak panik, tetep tarik tuas kopling, nunggu Engine check  dan Indikator suhu menyala dan mati kembali kemudian  mulai menstarter. Gagal, wah alamat mogok nih (kondisi dah berhenti total), pasang sein minta jalan untuk nepi. Didorong lah motor menepi.

Yah semacam ini kejadiannya.........


Setelah menunggu beberapa detik ternyata indikator Engine Check yang kuning tetap menyala mati terus, wah ada apa ini?(masih belum ngeh). Setelah dipaksa starter, alhamdulillah menyala. Engine Check dah g nyala lagi. Yo wes jalan lagi, walopun masih was2 ada trouble. Akhirnya sampe kosan dengan selamat. Sampe disini kelupaan nyari info Engine Check/baca buku manual.

Saat berangkat kerja Selasa pagi, kejadian tidak mengenakkan kembali terjadi lagi kebetulan lokasinya hampir sama seperti kejadian seni malam yaitu di pasar minggu, tapi tidak sampai mati mesin. Waktu itu Engine Check kuning menyala terus wah ada apa lagi ini?. Nyalain sein ……Menepi lagi, matikan mesin kemudian mencoba Check Engine lagi, karena agak panik, lupa menghitung  Engine Check, yang terlintas malah bengkel. Lha beres mana yang buka jam7 pagi, ngurusin injeksi bengkel pinggir jalan aja dah nyerah. Waktu itu masih ragu2 apakah bisa menyala atau tidak. Akhrinya memberanikan diri untuk menyalakan mesin. Nyala…!!!wah klo gitu yang salah bagian mana ya?mana g bawa buku manual. Bismillah aja jalan, klo ngadat ya terpaksa g ngantor….. Alhamdulillah bisa sampai di kantor.

Coba cari wangsit ke mbah Google, dapet 2 tabel yang tak rasa bisa menggambarkan kemungkinan bagian yang trouble sang motor. Berikut tabel pertamanya:

Bagian yang tak curigai di Kelistrikan FI gak normal

Kenapa bagian itu yang dicurigai?karena ada tabel lain yang saya menguatkan dugaan itu:

Yang tak tangkep dari tebel ini; efek dari kondisi mesin tabel sebelumnya

Dari kedua tabel, indikasi saya mengarah ke supply power FI tidak stabil. Setelah menimbang kejadian yang menimpa sang motor, Ternyata ada benarnya, sewaktu berhenti di lampu merah tak sengaja saya melihat penunjuk rpm motor langung ngdrop ke angka NOL saat iseng menarik tuas rem depan/belakang. Wah berati g stabil nih kelistrikannya, trus mencoba matikan lampu besar (lampu senja masih nyala), rpm pun kembali normal. Untuk mengakalinya tak coba untuk manasin motor agak lama dan menjaga putaran rpm agar g jatuh lebih cepat. Tujuannya ya buat ng”charge” batre aki biar daya-nya bisa “melayani” kebutuhuan listirk part2 yang ada. Lebih lengkapnya mungkin kudu di bawa ke beres………dan klo tahu tentang ini (engine check) akan mempermudah memberitahu ke mekanik kondisi trouble sang motor.

Pernah ngalamin?…………

*)sumber tabel kondisi mesin dari onetune.wordpress.com, yang lainnya dapet dari mbah google

Tags: , , ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

33 responses to “Pentingnya Pengetahuan Engine Check Vixion”

  1. Aa Ikhwan says :

    pernah rpm ngedrop ke angka nol tp gak sampe mati sih, cm gara2 masih on “N” dari malem sampe pagi😀 , dibawa ke beres strum aki ternyata aki masih normal, problem tetap sama rpm drop ke angka nol…akhirnya ane ganti skring motor berkat saran kawan dan Alhamdulilah normal😀

  2. Gogo says :

    kelistrikan emang sensitif.. ampe skrg klakson stebel kw ane blm tak pasang jg.. g percaya ama relay nya

  3. VIKOMING says :

    wah ane pernah tuh ngalamin kejadian RPM ngedrop saat iseng2 direm depan, (tp ga mati).
    Tp stelah diservis udah ilang problemnya , mekaniknya teliti jg rupanya

    • beckhem says :

      nah itu juga kadang tak alamin bro hehehe…..tapi setelah di servis ilang lagee…..maklum mereka ada FID Tool jadi gampang nyari troublenya……

  4. blognyamitra says :

    Pernah ngalamin juga… pas di cek beres ternyata ada kabel sensor yang kendor…

  5. eko susanto says :

    sama jg nih kejadiannya ma gw,pas jln agak jauh,pas berhenti mo belokan d jln raya posisi gw netralin trus karna jalanannya ga datar jd injek atau tekan rem,ternyata rpm bergetar naik turun trus ngedrop ke angka nol,anehnya lampu indikator kuning ga nyala sama sekali,berulang terus ketika pas udh jln jauh,tp kl br jln dr rmh normal aja,jd tambah pusing

  6. ekosusanto says :

    lah bukannya ampere sekring vixion tuh cm 10a,ko 20a sih mang bakal ga kebakar tuh,trus harganya berapaan,kemaren sih pas aki di cek cm 11,5 v

  7. Ikhsan says :

    Gimana solusinya mas bro?apa yang diganti?
    Soalnya lagi ngalamin kyk gt….

  8. Lukman Juliantoro says :

    punya ane juga gtu gan????
    waktu di rem depan rpmnya ngedrob.
    ouh jadi ithu krna akinya udah abis gan????

  9. che misteyius says :

    klo miSalkan iNdikator yg kUning nya nYala teruS gmn???

    sOal’y pUnya aNe nYla trUs,,,dan iMmbas nya ke klakson gk nYla,,sTarter gK bisa,,,,

    apa sOlusinya dOnk??

  10. agus wiyono says :

    makasih infonya,karna vixi q juga gitu,

  11. topan says :

    klu puya ane malah lain gan lampu indikator nyala kuning tpi ngga ada masalah di mesin tpi jadi was2 aja klu jalan tapi kadang normal kadang nyala gitu apa yach solusi-nya tks,,,

  12. Ady says :

    mas bro mw tanya…lampu depan vixion saya dua hari yang lalu putus trus saya ganti di bengkel…baru di mpake dua hari ko putus lagi kira-kira ada yang tau ga ya?……kalo masalah RPM emang seminggu ini ane liat motr ane kl di lampu merah RPM nya suka ngedrop ke nol…..tapi lampu indikator ga ada yang kedip2…
    tks mas

    • beckhem says :

      ganti sekring coba,pengalaman ane ganti sekring normal lagi rpmnya,pastiin juga dudukannya “anteng”,coz pernah ga “anteng”, akibatnya lampu jadi kyk motor bebek,sering mati garagara rpm ke nol klo ngerem

    • andre says :

      Itu ada 2 kmungkinan gan.. Klo gak spul lampunya dh shot, kmngkinan kiffrock dh rusak gan.

  13. oneto says :

    Pernah juga tuh ngalamin vixion ane mati tiba2…rpm drop mesin mati….coz akinya dah gk ngangkat lagi ..aksesorisnya bnyk bngt brow….

  14. andre says :

    Mantap gan…!!!
    Ternyata memang btul power supply (baterai) motor yg sdh teknologi FI sangat mempengaruhi klo baterai dh agak drop atau soak sekalipun….🙂

  15. krisna says :

    Gan, motor sya pernah terjatuh Dan berkedip indicator mesinnya, saat diajalankan jarak tempuh speda motor jadi kembali ke angka 0, apa memang gitu ya ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: