Yuk Bersih-Bersih Motor……….

Hari ini waktunya bersih2 motor…….sudah lama sepertinya g dibersihin. Yah musim hujan bikin males nyuci padahal justru musim seperti ini lah seharusnya motor lebh sering dicuci. Y wes lah, mumpung ada waktu plus hujan dah g sering turun lagi, yuk mari bersih2 motor……..

Jujur, belum sekali pun motor ini tersentuh (dicuci) oleh orang lain. yak semenjak 2 tahun yg lalu motor ini selalu saya cuci sendiri. Entahlah, saya merasa ada sesuatu kesenangan tersendiri mencuci motor heheee…….Langkah awal sudah pasti membersihkan kotoran besar, jadi motor dicuci biasa tanpa menggunkan apapun cukup air dan kanebo. Bagian yang paling saya incer pada tahap awal ini yang dibersihkan adalah knalpot, kolong apakbor belakang, standar tengah, footstep, link monoshock dan blok mesin bagian depan. Di tempat tersebut bersarang kotoran2 kasar karena bagian tersebut memang sering behadapan langsung dengan genangan air, lumpur, pasir, batu dsb.

Senjata yang digunakan......

Senjata Lainnya......


Setelah dicuci tahap awal, hal pertama yang saya kerjakan adalah mencuci rantai dan gir belakang, tempat paling banyak menempel kotoran pelumas rantai, tanah, debu, krikil, gemuk dll. Bagian ini lah yang saya incer duluan, coz pengerjaannya kudu telaten. Sebenarnya untuk membersihkannya bisa menggunakan Chain Cleaner, tapi brhubung harganya kagak nahan, maksud saya setelah pengalaman mencobanya, harganya g matuk diakal. Bersih sih, tapi tetap saja harus dibersihkan lagi, bersihin bekas leleran2 nya lebih bikin pegel udah gitu cuman beberap kali pakai saja, seingat saya cuman 1 kali pake biar sampe bersih. Yah cari alternatif lain, sabun colek…..!!!!!!

Sabun colek?yak ceritanya waktu bersihin bagian ini (rantai) tangan saya berlepotan sisa chain cleaner dsb, pake sabun masih mending bisa ilang, lalu tak sengaja memakai sabun colek untuk  menghilangkan lepotan tersebut, hasilnya? Lepotan yang ada di tangan jadi encer terus terlihat mengikat partikel2 lepotan tersebut. Sebenarnya bisa juga sih menggunakan bensin, tapi kudu nyedot dari tangki atau ga beli eceran pinggir jalan, tapi eman2 aja jadi g ke pake bensinnya plus bingung limbahnya mw dibuang kemana. Jadi lah sabun colek tak coba untuk memberihkan bagian2 yang terkena lepotan oli, gemuk dsb. Silahkan diamati hasilnya:

Before........

After.......

Kalo Rantai pake sikat aja

Setelah rantai selesai dibersihkam, rantai harus sering dibilas dengan air untuk menghilangkan bekas2 sabun colek karena akan mengganggu chain lube merekat pada rantaii. Bagian yang menjadi sasaran selanjutnyha untuk dibersihkan adalah gear depan. Sebenarnya saya tidak terlalu sering bersihin bagian ini tapi stidaknya beberpa bulan sekali bagian ini dibersihkan. Paling males juga sih coz “sampah”nya banyak…!!!cover gear saja sampe 2 kali di cuci pake sabun colek. Jadinya sperti ini:

Item.....Before nih.......

dicuci tahap 2

Hasil Akhir..........

Setelah bagian ini selesai, bagian mesin yang dicuci  Karena bagian ini adalah tempat singgahnya air (kotoran) yang lolos dari spakbor depan. Bagian ini tidak terlalu sulit dikerjakan sehingga memang berada diurutan belakang. Setelah itu baru lah di cuci tahap dua, pake air shampo. Shampo yang saya pakai adalah Shampo Sunsilk, entahlah cocoknya sama shampo ini jadi walopun dah nyoba shampo lain balik lagi ke shampo ini.

2 Sachet Sunsilk......

Setelah selesai, bilas sampai bersih dan keringkan dengan kain kering atau kanebo. Jangan lupa cek bagian kelistrikan, cek lampu nyala lampu depan belakang, sein kana kiri, klakson, elektrik starer dan lampu rem. Supaya kita tahu apakah setealh mencuci ada malfungsi dari komponen2 tersebut. Terakhir……..miringkan motor Anda…!!! g usah neko2 kok, suma di standar samping atao dimiringkan seikit (klo kuat nahan). lho kok, buat apa?yak maksudnya untuk membuang sisa air yang menempel di radiator. Fungsinya? dengan melakukan ini saat Anda memarkir menggunakan standar samping Anda g usah repot2 ngelap sisa air yang netes dari air radaiator, terlebih sudah pasti Anda akan memarkirkan motor ke tempat yang kering hehheeee……..

Sisa air di radiator, repot kalo Anda sedang ke tetangga tiba2 "pipis" di tempat........

Berapa lama bersihinnya?skitar 2 jam hehehee….lama?ya bagi saya lama bukan masalah, asyiknya bersihin itu yang bikin “sesuatu” hehee……..Kalo mau lebih cepet berati basahin saja seluruh motor terus dibersihin pake shampo, bilas kemudian keringkan, cek kelistrikan  dan miringkan , waktunya tak lebih dari 1jam. Pernah suatu ketika teman saya bertanya, “Nyuci diamana?”, jawab saya “nyuci sendiri”, “Masak?kok kayak habis di steam?” timpalnya terheran-heran.

Semoga Bermanfaat………..:D

Tags: , , , , , , , ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

3 responses to “Yuk Bersih-Bersih Motor……….”

  1. kharis27 says :

    sip ,, rajin bro,.,.,.,.

  2. Arie says :

    kalo saya sih suka bersih-bersih komponen komputer😀

    Nitip ya..😀
    http://arie135.wordpress.com/2012/04/05/tema-klasik-dengan-unsur-minimalis/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: