Mio J……..Membuka Jalan Inovasi Motor Yamaha Selanjutnya

Era injeksi sudah   dimulai………pabrikan motor sudah “nyicil” produk berinjeksi. Ada yang menarik yang saya baca tetang di teknologi injeksi ini khususnya di Mio-J. Mio-J berdasarkan info dari blognya mas tri dan kang haji taufik, Skutik ini dibekali dengan ECU yang memiliki peluang untk dikembangkan. Meskipun cuman peluang rasanya tak ada salahnya berharap lebih dari inovasi ini. Apa saja? mari kita ulas singkat.

Mio-J...........



Seperti yang ada di blog tersebut, ECU Mio-J memiliki lima fungsi Pendeteksi Kerusakan, Osiloskop Kelistrikan, Data Logger Habit Pengendara, Log Identitas Pemilik Motor, dan Tentu saja  Remapping. Hal ini tentu sangat mengutungkan konsumen karena memberikan rasa aman dan informasi tetang kondidi motornya. Mislakan saja Log identitas Pemilik Motor, artinya sang ECU   mampu menyimpan data pribadi kendaraan dan pemiliknya. Apabila, andaikata, misalkan, seumpaama (halah banyak bener……….) Motor tersebut dicuri dan suatu ketika dibawa kebengkel resmi kemudian dicek ECUnya, O…..ow….Kamu Ketahuan………Kata mekaniknya: benar ini motor bapak atau family bapak?ada bukti lain klo ini punya bapak atau family?ada bpkbnya?klo tidak ada,bapak mohon tunggu disini…..saya akan panggilkan pihak berwenang untuk menyelsaikan masalah tersebut. Bagus kan klo seperti itu?saya rasa yang seperti ini perlu dikembangkan, Mio-J sudah membuka jalan, berarti ada kemungkinan besar produk2 Yamaha injeksi selanjutnya mengaplikasikan system ini, menarik bukan?.

salah satu komponen diagnostic tools......(Foto ngambil dari kang haji taufik)

Hal yang menarik lainnya adalah menyeting dari laptop (kelima fungsi tersebut  disetting dari laptop), berarti dengan interface aplikasi yang lebih familiar dan perangkat yang saat ini sudah mulai terjangaku (laptop) tentu membuka peluang bagi pemilik kendaraan dan mekanik untuk mengetahui kondisi error kendararan dengan cepat dan menyetting ECU lebih bervariasi. Untuk Remapping ECU, entah kenapa orang kita itu suka ngotak atik motornya, entah model bebek, skutik, sport smeua kena imbasnya. Saat Jaman karbu sudah sering kita baca, kita dengar ulasan2 tentang otak atik setingan karbu, Tentu dengan adanya remapping yang user friendly (konsumen sendiri pun sebenarnya bisa) peluang untuk otak atik motor sendiri tentu dapat memberikan nilai lebih dari sebuah motor.

Diagnostic Tool....(foto ngambil dari mas tri)

Eits jangan girang dulu, saya rasa untuk remapping  yang diberikan dalam aplikasi tersebut haruslah memiliki settingan default khususnya untuk konsumen (pemillik kendaraan), tidak bisa seenaknya, artinya anda tinggal pilih mode yang mana Anda kehendaki. Hal ini akan mengurangi resiko settingan yang ngaco yang berujung Anda harus berurusan dengan bengekel resmi…..kenapa?konsumen itu tidak lah sama pemaham tentang teknologi ini ……..jadi kasih saja Default settingan yah 5 macam saya rasa dah lebih dari cukup. Mau otak atik sendiri ya monggo di improvisasi.

Jadi………saya rasa Yamaha perlu mengembangkan teknologi Injeksi yang dapat “berinteraksi” dengan pemilik motor. Vixion sudah membuka jalan (mindset sport injeksi dah didapet)……ditambah Mio-J, tentu akan mempermudah  jalan lagi…….Tanamkan Injeksi itu Yamaha……….Mari Berkawan dengan Injeksi…….Easy To Ride……Easy To Tune Up…..:P

Tags: , , , , , ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

3 responses to “Mio J……..Membuka Jalan Inovasi Motor Yamaha Selanjutnya”

  1. yayaeucup says :

    ke Beres harus bawah BPKB atau ktp pemilik, ribet gak ya… gak lah demi kebaikan bersama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: