Belajar Stir Mobil di Natuna Kediri………..Pertemuan ke-2, 3, 4 dan 5………….

yap…..melanjutkan postingan sebelumnya tentang Blajar Stir Mobil…disini. Kali ini bercerita tentang belajar stir di pertemuan ke-2 sampai selesai. Sebenarnya pertemuan ke-2 ini satu hari sama pertemuan pertama tapi tak ada salahnya dibahas sedikit, kemarin lupa bahas hehee.

Kartu Siswa Sudah terisi 5 pertemuan...........

Pertemuan ke-2 adalah pengembangan dari pertemuan ke -1, yaitu teknik berbelok. Berbeloknya tentu saja kecepatannya pelan2 lah heheh…….yup, tekniknya adalah kopling diinjak penuh, rem di tekan seperlunya sambil mengarahkan setir untuk berbelok, gigi perseneling bisa diturunkan satu tingkat jika dirasa perlu. Setelah keluar dari belokan, ternyta jangan langsung hajar lepas kopling/atau injak gas, Anda harus meluruskan mobil ke jalur yang benar terlebih dahulu.  Jika sudah lurus baru lah Anda melepas kopling/menambah gas untuk melaju.

Well………ada penjelasan kenapa harus menginjak kopling secara penuh. Pada prinsipnya fungsi menginjak kopling adalah memuluskan laju kendaraan dan mencegah mobil nylonong atau mati mendadak akibat ngrem terlalu keras/mendadak karena prinsip kerja kopling adalah menghentikan aliran tenaga mesin ke roda. Setelah saya perhatikan, Teknik tersebut ternyata dipakai juga oleh teman driver saya. Well……klo g belajar/kursus g tahu tentang hal ini hehee….

Pertemuan ke-3………Kembali lagi ke Basic…….Bermain dengan kopling. Pertemuan ke-3 Dilakukan pada esok harinya (setelah daftar) dan tema materinya tetap sama dengan hari pertama bermain dengan kopling. Di tanah cukup lapang, saya disuruh berjalan pelan2 maju mundur, yah mungkin seperti orang jalan 2-3kpj.  Repot sekali dan perlu feeling yang pas. Namun dibalik hal tersebut, manfaatnya banyak sekali, bisa membantu berjalan perlan2 di tanjakan, berbelok perlahan, parkir, jalan pelan2 di sela2 kemacetan dll. Pertemuan ke-4 adalah praktek lagi ke jalan raya untuk mempraktekan teknik di pertemuan ke-1 sampai ke-3.

Pertemuan ke-5 adalah pertemuan terakhir dan teknik yang akan diajarkan adalah teknik parkir kebelakang. Ruang Parkir dibentuk sedemikan rupa sehingga ukurannya mungkin sekitar 2,5 x 5 klo mobil masuk penuh (Terios) mungkin jarak antar spion ke dinding (dinding imajiner) skitar 20cm-an. Mengambil Teknik yang diajarkan di pertemuan ke-3 mobil dimundurkan perlahan, setelah 2-2,5 m sebelum tempat parkir stir diputar 1 kali sesuai dengan kondisi mau masuk ke kanan atau ke kiri. Setelah mau masuk ke tempat parkir, stir diputar lagi 1 kali (mentok) sehingga pantat mobil masuk ke dalam. Setelah sebagian mobil masuk, perhatikan kembali kesejajaran antara tiang pancang tembok depan dan belakang tempat parkir. Jika sudah sejajar sudah waktunya untuk menormalkan stir dengan memutar balik 1 kali, mundur perlahan baru diputar 1 kali lagi. Nah menurut instruktur…..Jika sukses melakukan teknik diatas peluang Anda bisa parkir dalam satu gerakan saja tanpa maju mundur sangat besar sekali…………

Yak……….demikian pengalaman blajar stir mobil di Natuna Kediri, mungkin klo ada teknik yang salah/tidak sesuai mohon maaf karena materi itu lah yang saya terima. Pastinya sebelum punya mobil/mengendarai mobil orang setidaknya Anda perlu menguasai teknik berkendara yang baik dan benar serta memiliki Izin mengemudi kendaraan.

Semoga Bermanfaat……….

Tags: , , , , , ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

2 responses to “Belajar Stir Mobil di Natuna Kediri………..Pertemuan ke-2, 3, 4 dan 5………….”

  1. mas wahyu says :

    Sim nya udah keluar nih

  2. wardiyanto says :

    sipp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: