Ganti Oli Shock Breaker Depan……..

Sabtu Kemarin…..sudah waktunya servis motor.Yak terlihat di Speedometer km motor sudah mencapai 24.190km-an sudah waktunya oli shockbreaker depan diganti. Klo tidak salah pas servis di Cempaka putih, informasi yang saya dapat ganti oli shockbreaker depan tuh tiap  12.000km. Yah klo Anda merasa motornya masih stabil ya ga apa2, toh gaya penggunaan setiap orang juga berbeda-beda. Pastinya handling motor saya sudah mulai berkurang dan sudah lebih empuk dari awal beli. Dari awal beli pun memang sudah empuk, bahkan teman saya bilang, (sewaktu nyoba pas awal beli)  suspensi depan motor saya terlalu empuk. Yah memang sih saat mencoba motor punya dia, terasa banget klo suspensi depan saya keempukan.

Ni habis servis trus ngisi Shell.....mau dipantau konsumsi BBMnya juga........24.198,4Km

Setelah servis, 2 jam pertama dicoba tidak saya anggap bener2 tes karena oli+settingan motor tentu perlu penyesuaian/adaptasi, yang tak anggap hasil servis ya setelah 2 jam itu. Hasilnya?suspensi depan terasa dibikin lebih keras ketimbang awal beli tapi masih cukup lumayan melewati gundukan, tapi klo melewati garis kejut, kerasa banget goncangannya dan memang harus pelan2 klo lewatin gundukan semacam ini. Gejala limbung di kecepatan 80kpj juga dah berkurang ketimbang awal beli (keempukan), menikung juga lebih anteng. Yah settingan motonya juga berubah, dibikin enak untuk stop and go, enak untuk diajak jalan cepet dengan track pendek-pendek. Di jakarta kan kondisinya seperti itu, habis berhenti trus jalan beberapa ratus meter dah pelan/berhenti lagi.

Jujur saja, seingat saya, saya jarang meminta mekanik nyetting motor sesuai permintaan saya, yang ada malah saya yang nyesuain dengan settingan mekanik. Lak repot dong?ya sudah pasti, ada kendala karena karakter settingan mekanik satu dengan yang lain pasti berbeda. Dari pengalaman masuk ke 2 bengkel,(Depok dan Cempaka Putih) mohon maaf klo bengkel di Depok lebih pas settingannya buat Saya ketimbang yang di Cempaka Putih. Tapi untuk masalah jasa servisnya Cempaka Putih memang jauh…….lebih baik, lebih teratur dan sesuai SOP.

Biaya?ganti oli shock breaker nya itu rp48.000,- standar pabrik, klo ada apa2 ya sudah tahu penyebabnya darimana. jasanya berapa yak?lupa…… nti saya update lagi lewat foto…….Well……….semoga bermanfaat…………

Tags: , , , ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

6 responses to “Ganti Oli Shock Breaker Depan……..”

  1. gogo says :

    klo ane dah ganti pas di km 22 rb an, skrg dah nginjak 32 rb..
    alhamdulilah msh fine.. klo dah pnya mekanik fave memang g bingung nyari lg..

  2. mas wahyu says :

    Kalau saya malah suka yg empuk mas bro

  3. Hourex150L says :

    sipp,, Biker Sayang Motor nii………

  4. moronbikerid (@moronbikerid) says :

    … konsumsi BBMnya belum dibahas?

    untuk settingan service dari mekanik memang subyektif. meskipun sama2 bengkel resmi dan semua mekaniknya pasti bersertifikat dari pabrikan. memang selera dan kedekatan dengan mekanik yg lebih dominan.

    para mekanik mestinya sudah bekerja dengan SOP tertentu dan gak sembarangan. settingan juga dibuat sesuai arahan dari pabrikan. tentu hasilnya belum tentu sama tergantung jam terbang juga.

    setting suspensi memang belakangan semua pabrikan lebih fokus safety alias suspensi terasa lebih keras. lebih mantap di kecepatan tinggi, tapi harus mengurangi kecepatan di jalan tidak rata (termasuk garis kejut dan polisi tidur). lagipula menghajar jalan tidak rata dengan kecepatan tinggi juga tidak disarankan meskipun suspensi yg empuk membuat pengendara (sedikit) lebih nyaman.

    • beckhem says :

      konsumsi BBM rata-rata untuk 54km PP 5 hari kerja sekitar 7-8 Liter, kalo apes macet bgt ya bisa 8ltr. Kesimpulannyaa meskipun jarak tempuh sama tapi klo waktu tempuh abnormal bikin boros BBM

Leave a Reply

