Tips Berkendara Saat Hujan…….Akselerasi Deselerasi

Yak saat ini hujan masih malu2 kucing muncul, padahal dah mulai musim penghujan heee. Nah saat berkendar saat hujan kadang kita melihat pemotor terpleset di jalan. Berkendara saat hujan memang beresiko tinggi daripada berkendara saat kering. Bahkan di arena balap untuk mengurangi resiko slip sampai dibuatlah ban khusus hujan. Kenapa?sebenarny cuman mengatasi satu masalah, traksi ban ke aspal. Ban hujan memang diciptakan untuk membuang air sebanyak-banyaknya shingga ban tetep bersentuhan dengan aspal,

Dikala kering ban lebih gampang nempel di aspal, sehingga gaya gerak dan gaya gesel lebih bisa diatur apalgi klo dah make alat. Nah beda saat hujan terkadang ban pada suatu kondisi tertentu tidak mendapat traksi ke aspal, sehingga menimbulkan slip. Lantas bagaimana mendapatkan traksi yang pas?kuncinya di  Akselerasi dan Deselerasi.

Akselerasi dan Deselerasi ini membutuhkan feeling yang tepat. Karena Anda harus memadukan gaya gerak ban melawan gaya gesek aspal yang pas untuk mencegah terjadinya slip. Jika gaya gerak ban anda terlampau lebih besar dari pada gaya gesek aspal, sudah pasti ban berjalan tapi mengalami slip. Kondisi tersebutlah yang sering dialami oleh pemotor yang terjatuh saat hujan. Jika gaya gerak ban terlampau lebih kecil daripada gaya gesek aspal ya sudah pasti Anda g bakal jalan bos….. loyo……heheee.

Pada motor ber cc besar umumnya sudah meletkatkan fitur traction control dan ABS. Gunanya seperti yang saya jelaskan diatas, untuk mendapatkan traksi ban terhadap aspal, menyeimbangkan gaya gerak dan gaya gesek, sehingga motor dapat berjalan/berhenti terkontrol dengan  baik. Jika Anda mengguasai dua hal tersebut, saya yakin saat berkendara di kondisi kering pun Anda lebih percaya diri  mengontrol tunggangan Anda.

Jadi berhati-hati lah berkendara saat hujan dan lebih fokus lah terhadap kondisi sekitar. Salaam………..

Tags: , , , ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: