Pengalaman Berkenalan Dengan Karya Steve Jobs……

Yup……..Steve Jobs merupakan sosok dibalik suskesnya Apple. Meskipun beliau sudah meninggal akibat kanker pankreas yang dideritanya, karya-karya beliau melalui Apple tetap akan diingat generasi-generasi saat ini dan generasi yang akan datang. Postingan kali ini hanya sebagai nostalgia disaat awal saya mengenal karya-karya beliau. Apa saja karya beliau yang pernah saya cicipin?hmm…..Macintosh (iMac), Pixar, iTunes, dan iPod. Hmm……mungkin yang terakhir adalah buku biografinya……..

1. Macintosh iMac G3 (2003)

Semoga G Salah iMac G3

Hmm….karya Steve Jobs yang satu ini saya icip waktu kelas 2 SMA. Kebetulan teman saya memilki eMac jadi akhirnya saya belajar sekilas tentang  sistem operasi Unix. OS yang dipakai klo tidak salah Mac Os X Server 1.0, Rhapsody. Kemudian teman saya ini mengupgradenya  ke Mac OS X 10.0, saya agak lupa make Cheetah apa Kodiak. Komputer ini memang agak repot untuk masalah instalasi aplikasi karena kebanyakan aplikasi saat itu memang lebih banyak untuk XP bahkan untuk game sendiri pun susah. Solusinya ya cuman nunggu developer bikin buat Mac atau nunggu Apple ngeluarin aplikasi sejenis.

Mac OS

Hmm……yang bikin saya kagum terhadap komputer ini adalah bentuknya yang All in One. Yah berhubung persepsi saya akan komputer dari jaman SMP sampe SMA ya ada CPU+Monitor+KeyboardMouse+speaker jadi takjub juga dengan yang begituan. Mounting CD juga keren, CD nya seperti dimakan dimuntah. Berbeda sama dengan optic CD CPU yang eject keluar, yah proses tersebut memang unik diterapkan di sebuah komputer. Keyboardnya sama saja dengan keyboard umumnya, tapi distu ada beberapa simbol kombinasi yang funsginya untuk memunculkan fungsi sebuah aplikasi atau navigasi. Mouse nya berbeda dengan mouse komputer PC umumnya, cuman ada satu klik aja. Klo mau klik kanan?tekan tahan alt, kemudian akan muncul dialog box klik kanan.

OS nya sendiri membuat saya mengagumi tentang sebuah pentingnya Graphic User Interface/visualisasi interaksi sebuah komputer. Benar-benar beda sama windows XP, jaaauuuuuuh…….klo tidak salah sehabis itu windows “kelabakan” membuat windows Longhorn yang pada akhirnya kita kenal sekarang sebagai windows Vista.  System manajemen penggunanya waktu itu setingkat lebih maju dari XP, benar-benar terproteksi usernya, maksudnya hak-hak setiap penggunanya benar-benar diterapkan, bener-bener personal. Hmm…seingat saya aplikasi awal saat diinstal OS sudah lengkap, termasuk browser, pdf, word versi Apple (lupa namanya apa), itunes…….hmmm apa lagi yak, dah g inget. Yang jelas waktu itu ada game bawaannya, lucu sih,semacam Crash Bandicot, tapi aktornya orang batu kayak flinstone, kocak dah.

Macintosh iMac bagi saya adalah komputer desktop yang benar-benar personal, simpel dan GUI yang memukau (pada jamannya), walaupun kekurangan dukungan aplikasi namun iMac sekali lagi telah berhasl merubah mindset penguna komputer seperti yang dilakukan nenek moyangnya…….Apple I.

2. Pixar

Logo Pixar.........opening film pasti ada nih.......

Well….pixar merupakan salah satu studio Animasi terbaik yang pernah ada di dunia. Film-film yang dibuat hampir selalu dipastikan penjualannya bagus dan masuk nominasi ajan bergensgi,  Yah mungkin Cars 2 sebagai pengecualian. Awalnya Pixar adalah bagian dari LucasFilm untuk konsen di masalah grafik dalam sebuah film pada tahun 1979, kemudian dibeli oleh Apple pada tahun1986, selanjutnya dibeli oleh Walt Disney pada tahun 2006.

Bagi saya, film animasi Pixar selalu menyajikan tema yang unik, sarat akan pembelajaran hidup, chemistry yang kuat antar karakter dan alur cerita yang enak ditonton. Tentu hal tersebut dibuktikan dengan meraih berbagai macam penghargaan maupun masuk dalam sebuah nominasi. Hmm….untuk sejarahya sendiri belum saya baca utuh, sepertinya ada di buku biografinya. Jujur aja film pixar yang pertama kali saya tonton adalah A Bugs Life. Selanjutnya adalah Finding Nemo. Kesemuanya saya tonton lewat iMac. Teman saya secara khusus menceritakan sisi lain dari film A Bugs Life (versi dia/menurut dia)…..sebuah visi yang dimiliki oleh Steve Jobs……!!!!dalam film A Bugs Life, sang Flick secara tidak langsung menggambarkan sisi Jobs yang pemberontak, punya visi berbeda, rasa ingin tahu  yang luar baisa,  istimewa (lebih pintar dari yang lain). Setelah membaca beberapa halaman biografinya, sosok Flick memang cukup mirip dengan Jobs tersebut. well…..temen saya kala itu memang cukup fanatik dengan Jobs, bahkan klo tidak salah di iMacnya saya pernah lihat film asal muasal Apple dan menyinggung terbentuknya Microsoft.

Toy Story 3.......Nyamain LOTR......

Dari segi penjualan, Film Pixar yang paling sukses adalah Toy Story 3, lebih dari $1juta……sama dengan film LOTR: Return The King atau Titanic!!!!!  Hmm…..tahun 2012 Pixar akan mengeluarkan film Brave, dari trailaernya muncul seorang perempuan sedang melawan beruang. Bau-bau nya sih setting jaman bahuela tapi masih abu-abu juga sih film ini ceritanya tentang apa. Wait and see…. ajah…….

3. iTunes dan iPod

Hampir tidak ada Major Change GUI dari awal saya kenal iTunes......!!!!

Perkenalan dengan iTunes awalnya ya dari iMac, tapi keasikan memakai iTunes waktu itu cuman bisa dinikmati di iMac G3 teman saya. iTunes…….menurut saya sebagai pengguna aplikasi adalah sebuah aplikasi pemutar musik dan pengorganisasiannya yang all in one dalam satu tampilan, simple but useful. Bahkan saking simpelnya merubah ID Tag file musik juga bisa langsung dilakukan tanpa aplikasi tambahan sehingga disaat file musik dipindahkan ke perangkat lain, perangkat tersebut akan membaca ID Tag yang telah kita modifikasi, termasuk didalamnya penambahan Albumart Cover. Fitur lain yang yang penting adalah sebagai pengorganisasi file di produk Apple seperti iPhone, iPod (shuffle), iPod Nano, iTouch dan iTab serta yang tak kalah penting lagi adalah akses ke iTunes Stores. Uniknya GUI iTunes ya sperti itu-itu saja dari dulu saya kenal………!!!!!!!

iPod.........saat launching oleh Steve Jobs

iPod Shuffle munkin merupakan perangkat pemutar musik revolusioner yang pernah ada saat ini. Kenapa bisa begitu?hmmm…..menurut pengalaman pribadi saya sewaktu kuliah tahun 2005-an, klo tidak salah booming iPod shuffle sudah mulai mewabah walaupun fungsinya hanya sebatas pemutar musik tok….!!!!!efek lainnya?produsen lain pun berlomba-lomba membuat gadget sejenis,yak walau cuman pemutar musik tok lho ya…..!!!!!Trus apa sih yang ditawarkan?bukannya cuman pemutar musik biasa? entah lah, itu juga bikin bingung, secara fungsinya g ada bedanya sama pemutar musik yang harganya dibawah iPod.

Yang bikin unik disini adalah proses organisasi data di iPod, g bisa drag and drop. Bisanya lewat iTunes dan akhirnya saya ketemu juga iTunes versi windows….horay…..!!!!!proses pemindahan data (lagu) memakai system synchronize  dengan gadget dan iTunes. Jadi kelebihannya adalah Anda tidak akan pernah kesusupan file lain selain lagu…!!!!!!jaman dulu yang namanya virus sekali colok dah langsung kena heheee…….

4. Biografi Steve Jobs

Versi Indonya sama aja covernya.......

Buku best seller……di Indonesia buku ini masuk pada bulan Oktober 2011,kok tahu? di Gramedia saya beli cetakan pertama….!!!!!!!dalam bukun biografi tersebut Walter Isaacson mengungkapkan bahwa sbenarnya Steve Jobs lah yang mendorong beliau untuk membuat biografinya (Steve Jobs). Buku ini menceritakan secara cukup detail tentang masa kecil Jobs, hubungannya Wozniak, cikal bakal Apple, Apple I-Apple II, logo Apple, PIXAR dsb. Membaca  apa yang ditulis Isaacson, terlihat bahwa beliau benar-benar menggali kebenaran data dengan sangat baik.

Yah…..sifat moody diri saya membuat saya lama menyelesaikan membaca buku ini. Susah juga sih klo dah kecantol sama moody. Pastinya buku ini recommended bagi pecinta sosok Steve Jobs. Bagi saya buku ini sebagai penambah ilmu, menambah wawasan, tentang sosok Steve Jobs, seorang yang mampu mengubah dunia…..Think Different……..!!!!

Semoga bermanfaat………

Tags: , , , , , ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

One response to “Pengalaman Berkenalan Dengan Karya Steve Jobs……”

  1. dinnasabriani says :

    Emang yaaa, ini tokoh brilliant bangett. Apalagi pas liat isi lemarinya! Wow! Awesome.

Leave a Reply

