Ganti Ban Corsa S123 110/80-17 M/C 57S 0411

Ban Baru lebih berisi heheee......

Ban depan motor kesayangan sudah bergelombang sudah lama, memang tidak terlihat secara kasat mata, namun jika diraba terasa bergelombang kecil dan merata diseluruh permukaan garis tengah ban. Kemungkinan besar efek dari pola ban itu sendiri yang membuat ban lebih cepat bergelombang ditambah lagi rute yang saya lewati Depok – Jak sel jalannya berbeton. Yah pemerintah yang kere , g ada duit jadi g di aspal-aspal, sudah rahasia umum klo permukan beton itu mempercepat umur pakai ban.

Corsa S123 110/80-17 M/C 57S

Disamping itu ban depan juga dah keseringan “haus” angin, untungnya ban belakang g terlalau parah. Jadi dari beberapa bulan yang lalu sebagian pendapatan di cicil buat beli ban belakang, nantinya ban belakang lama dipasang menggantikan ban depan. Pilihan saya jatuh ke Corsa, yah pengen nyoba aja, toh Corsa salah satu penyuplai ban untuk even balap jadi secara kualitas dikatakan baik yah semacam IRC. Tipe yang saya beli Corsa Tubeless S123 110-80. Kenapa beli yang ini?kalo 120-70 kelihatan banget  ngedonat, dah lihat contoh kasusnya punya temen pasang 120-70 di velg standar.

Tidak Mentok SwingArm

Kebetulan kantor cukup dekat dengan Bonjer, habis jum’atan cabut bentar beli ban, kemudian mampir ke sebuah toko, saya lupa nama tokonya. Prinsip saya kali ini dalam memilih toko adalah yang cukup dominan menjual ban daripada sparepart yang lain.Kenapa?biar banyak variasi pilihan merek ban dan stoknya langsung ada, g ngorder ke toko laen. Disepakati lah harga bannya Rp260.000,- + Pentil Rp.10.000,-. Sebelum bayar, saya bilang juga klo g jadi beli klo tahun pembuataanny bukan 2011, setelah Cek tahun pembuatan bannya cukup muda 0411 bulan April 2011, beda 6 bulan. Setelah bayar dan keluar toko, baru inget klo lupa beli carian tubelessnya, yah beli aja di toko laen, beli yang  Rp25.000,- aja walaupun ada juga sih yang Rp 35.000,- per botol.

Tidak Mentok SwingArm

Lho g dipasang?ya musti di pasang lah, tapi klo di Bonjer kan pada manual tenaga kuli. Akhirnya, Pilihan pemasangan bannya jatuh ke toko bengkel mobil ESPEDE, masangnya pake alat, infonya saya dapet dari blog bro mitra., disini Saya suruh lah temen kantor untuk ke ESPEDE berhubung jam kerja saya g memungkinkan keluar. Pengerjaannya cukup cepat, seingat saya jam3 sore dah berangkat, jam4 (kurang) sore dah balik, sebelumnya juga dites bentar sama temen kantor. Yah beda alat sama manual jadi cepet pengerjaanya heheee.

Tapak Belakang

Cukup lucu juga mendengar cerita temen waktu ganti bannya, alatnya bagus ga perlu repot, cepet, yah maklum mungkin baru kali ini lihat pemasangan ban pake alat. Ternyata pemasukan cairan ban juga berbeda dari sistem manual. Berdasarakan cerita, cairan dimasukkan setelah ban diisi angin, berbeda saat saya melihat punya temen yang diganti manual, cairannya diisi sebelum diisi angin. Biaya?Rp 50.000,- plus tips ke temen Rp 10.000,-, lucu juga sih denger cerita masalah biaya ini, rahasia dapur ajah deh heheee……..;-)

Sensasinya?hmm….lebih stabil dari konfigurasi ban standar. Efek sampingnya tentu ada, yah terasa tarikan lebih berat tapi bisa diatasi dengan setting motor atur CO, kopling dan gas. Efek sampingnya jg ada di rantai, entah kenapa feel saya agak aneh aja, takut putus kalo digeber terlalu tinggi+nglewati jalan tak rata, mungkin settinggannya agak kendor, tapi klo dikencengin tegangannya akan jadi lebih beresiko juga, yah ngakalinnya ganti rantai yang lebih kuat….duit lageee….hehee. Kebetulan pulang kantor pas hujan deres juga, biker tadi malem pasti ngerasaain nih hujan deres tadi malem. Bannya cukup stabil, walaupun agak sedikit licin yah maklum bener-bener masih baru dan kebetualn kena hujannya juga baru dipake 10 kiloan.

Oh ya, g ada salahnya ngulas sedikit kode bannya sedikit. Corsa S123 110/80-17 M/C 57S 0411, Artinya Corsa tipe S123 (Corsa S123) lebar tapak ban 110 mm tingginya 80% dari lebar tapak ban diameter velg 17 inchi  (110/80-17), Medium Compound untuk keperluan harian nih (M/C) jika Anda mau balap pake yang Soft Compound aja, Maksimal berat yang ditterima ban 507 lbs (250kg?) dengan kecepatan maksimumnya 180 Kpj (57S), ban diproduksi bulan April 2011 (0411).

Yak demikianlah pengalaman ganti ban Corsa S123…semoga bermanfaat.

Tags: , , , , , ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

7 responses to “Ganti Ban Corsa S123 110/80-17 M/C 57S 0411”

  1. blognyamitra says :

    Ban belakang saya pake 100/80-17, udah mulai gundul, blom sempet ganti euy😦

  2. moko says :

    sama bro pake S123, tubeless murmer.. hehe.. :salaman: udah 1 tahun juga masih lumayan, gak benjol.😀
    oya kode 0411 kalo gak salah 04 menunjukan dibuat di minggu ke-4 deh, alias sekitar akhir Januari. bukan bulan ke-4. CMIIW yak..😉

  3. Martin says :

    Mas, itu tulisan M/C bukan medium compound artiny…
    tapi “Motorcycle”.. (just want to share)
    coba gugling deh mas, ato liat web ny bridgestone (lupa linknya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: