Meng-ABS kan Kendaraan Kita ..xixixiixi……

Kendaraan jaman sekarang sudah  lebih canggih dari jaman baheula, salah satunya fitur ABS alisa Anti-lock Braking System. Yup fitur ABS sekarang sudah menjadi standar kendaran kelas premium, menengah juga sudah mulai.  Hal tersebut menandakan bahwa pengendara saat ini lebih aman dalam berkendara, tentunya klo tidak terjadi human error alias kelalaian pengendara.

ABS pada prinsipnya mencegah rem (cakram) untuk mengunci terutama saat “Panic Braking”. Jika terkunci otomatis traksi ban ke aspal “kacau”, akibatnya yah susah dikenadalikan. Terus gimana dunk kalo belum punya ABS?yah cuman satu caranya, beli systemnya xixixxi…….Tapi tidak ada salahnya kalo kaki (pengendara mobil) atau tangan+kaki (pengendara motor) kita latih untuk menjadi system ABS. Yah tentu saja tidak seakurat system yang ada, tapi setidaknya membantu kita untuk menghandling kendaraan lebih baik.

ABS Vs Non-ABS

Caranya?yah niru saja system kerja ABS, berarti cuman dua hal yang perlu dilatih, Tekan-Lepas rem. Prinsip ABS kan mencegah terkuncinya rem artinya saat rem akan mengunci maka system akan memerintahkan perangkat rem untuk mengurangi tekanan pada cakram yang akhirnya mencegah rem mengunci. Jadi secara tidak langsung prinsip tersebut bisa kita “manual”kan, ya kan?tentu saja upaya tersebut perlu dilatih dan membutuhkan “feeling” yang tepat. Apa lagi prinsip Tekan-Lepas rem tersebut membutuhkan waktu sepersekian detik dan perlu memperhitungkan besar kecilnya pelepasan dan tekanan. Sulit……apalagi jika “Panic Braking”, tambah kompleks saja perhitungannya …..tapi bisa diterapkan, setidaknya melatih kita mengerem lebih baik.

Sebentar lagi musim hujan, fitur ABS pasti sangat membantu kendaraan untuk memperoleh traksi di jalan, biar g “liar”. Yak mari kita belajar meng-ABS kan kendaraan kita hehehheee……….

Tags: ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: