Unlimited……”But”….

hmmm…….agak aneh saja dengan penyedia layanan jasa broadband GSM maupun CDMA. Menawarkan jasa layanan data unlimited tapi…….. klo dirasa-rasa ada yang nanggung hehehee. Kenapa? Quota data. Hampir semuanya menawarkan paket unlimited dengan kecepatan tertentu dengan quota tertentu. Setelah pemakain melebihi quota, kecepatannya akan drop, nah kecepatan dropnya itu ada yang masih masuk akal ada juga yang ngga. Ada juga yang benar-benar unlimited tapi, speednya g sekenceng yang ada “limited” quota data.

Contoh saja, si merah menawarkan unlimited harganya RP 100.000,- kecepatannya maksimal 1mbps (125KBps) quotanya 1GB-1,2GB untuk 30 hari, sehabis pemakaian quota tapi masih dalam 30 hari, kecepatannya drop jadi 64kbps (8KBps). Jauh?buanget…!!!!!!!!!!. Lain lagi yang kuning, dengan hara yang sama, si kuning cuman bisa menyediakan jasa maksimal kecepatannya 384kbps (48KBps), kuotanya  lebih rendah sektiar 500 MB, setelah itu ya sami mawon kecepatannya turun sampe 64kbps (8KBps). Klo kuning masih mending jauhnya xixixixi…..

Saya rasa apa yang dilakukan oleh provider tersebut sangat erat kaitannya  dengan kenyamanan user. Kenapa?yah coba Anda bayangkan saja, seumpama kapasitas layanan cuman kuat (efektif lebih tepatnya) melayani 10 user, lha klo ujug-ujug diminta melayani seumpanya 50 user, ya klenger provider  ngladeninya. Ujung-ujungnya user g puas, yah lari deh usernya. Untuk itu provider mengistilahkannya dengan  istilah Fair Usage, batas normal pemakaian. Tentunya itu sudah diriset/diteliti oleh provider, Jika Anda seorang mahasiswa IT/bisnis/ekonomi/statistik, bisa dijadikan bahan menarik nih untuk diriset/diteliti.

Mungkin itu lah “tapi” dari jasa broadband Unlimited. Unlimited….”But”……..

Tips:

Apapun provider yang anda pakai jasanya, pastikan Anda tercover layanannya, xixixi……..dan pastikan pula Anda memilliki budget untuk memakai jasa plus perangkat lain yang mendukung, Okey…;-)

Tags: , ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: