Bijaksanalah Membeli Modem Broadband

Huaweii Vodafone

Yak, sekarang jamannya dah mobile. Salah satu kegiatan yang saat ini jadi habit adalah berinternet ria dimana saja dan kapan saja (pake lapetop, maksudnya). Tentunya untuk mendukung kegiatan tersebut dibutuhkan sebuah modem yang handal. Meskipun dengan sebuah Hp anda juga sudah bisa menikmatinya. Sudah banyak pula macam modem broadband yang ditawarkan. Singkat saja, sudahkah Anda memilih modem yang tepat?Yak kali ini coba diulas deh cara memilih modem broadband yang tepat, khususnya yang memakai jalur sinyal operator (GSM/CDMA).

Apa itu internet broadband? internet broadband itu merupakan koneksi internet dengan akses kecepatan tinggi. Berapa kecepatannya?dulu mungkin cuman 256 Kbps, klo sekarang bisa nyampe bergiga-giga bps . Jalurnya banyak ada yang pake kabel, ada yang pake fiber optik, ada yang pake wifi, ada yang peke sinyal operator selular. Tapi…..Eits jangan ketipu dengan istilah Kbps ataw Mbps lho ya….!!!!. Memang sih ketika membaca kecepatan 1Mbps identik dengan internet kuenceng. Tapi saya lebih suka dengan kecepatan 250 KBps. Why? itu dua kali lipatnya 1 Mbps….!!!!!! lho ?lha Anda semua Tidak pernah dikasih tahu/dijelaskan oleh operator/isp bedanya Kbps vs KBps atau Mbps vs MBps. Jadi yah………. kemakan promosi bulet2.

Sierra ATT

Yak, Kbps itu Kilo Bit Persecod, sangat beda dengan Kilo Byte Persecond. Kenapa? Bit itu satuannya lebih kecil dari pada Byte. Untuk ukuran konversinya itu 1/8. Jadi misalnya saja anda memakai Telkomsel Flash dengan kecepatan katakanlah 1 Mbps (Bit), maka konversinya Anda berinternet ria dengan kecepatan 125 KBps. Makanya bagi Anda yang pernah memakai layananan ini, saat download pasti mentok di angka itu dan itu lah yang memang Anda dapatkan.

Kembali ke modem broadband (GSM/CDMA), sudah banyak sih vendor yang menawarkan modem broadband,  yang cukup terkanal itu antara  lain Huawei dan Sierra, sisanya merek lokal atau lainnya . Kecepatan yang ditawarkan bervariasi, ada yang 2,4 Mbps, 3,b Mbps,  dan tentunya maks 7,2Mbps. Bagaimana tipsnya?

1. Pastikan wilayah Anda tercover layanan operator broadband Anda.

2. Pastikan anda mendapatkan informasi yang akurat tentang paket broadband yang ditawarkan operator.

3. Pastikan Anda memilih modem sesuai layanan broadband yang Anda pakai.

4. Pastikan Budget heheee……….

Point pertama saya rasa cukup jelas, buat apa Anda membeli klo tidak bisa dipake cuman gara-gara g tercover, yo tho?. Point kedua dan ketiga sangat berhubungan, jangan sampai matchingnya kejauhan. Misalnya sperti ini, Anda membeli paket dengan kecepatan katakanlah 7,2Mbps, ya jangan kebangetan Anda beli modemnya maks kecepatannya cuman 3,6Mps. Sama aja Anda beli mobil Ferrari tapi cuman bisa dipakai dijalan kecil. Point yang keempat pastinya akan mengcover point dua dan tiga bukan?heheee……..;-)

Tags: , , , , ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: