Kayaknya Musti Ganti Ban Juga Nih, Cepetnyaa…….

Yap, nyambung dari postingan sebelumnya. Setelah diamati lagi, ban motor Saya juga tampaknya harus diganti, yah apa mau dikata, tengahnya bergelombang, agak samar telrihat tapi klo sudah dipegang baru terasa bergeombangnya. Padahal menilik tahun pembuatannya masih baru, tahun 2010. Yup cuman setahun tok umure, lha kok iso? efek kondisi jalankah?

Klo dirunut lagi, namanya juga ban yo pasti nempelnya dijalan, berarti klo ga bannya yang error, jalannya yang error, semoga aja orangnya g error hihii….Yah cuma ngelus dada aja, jalan di Jakarta tampaknya memang ga bersahabat. Ada yang alus, ada yang jerawatnya dikit, ada juga yang bopeng g keruan. Ada yang berbeton ada juga yang beraspal, ada yang diaspal bagus, ada juga yang seadanya. Belum lagi kena ranjau paku, kena ceceran oli atau bahan kimia lain. Dari sisi ban, juga mungkin kurang terawat khususnya masalah tekanan angin dan kelebihan muatan.

Setelah cari info kanan-kiri, ternyata umur ban itu rerata 2-3 tahunan, klo lebih ya syukur klo kurang ya nasib. Hmm…klo 2-3 tahunan sepertinya relatif. Kerana apa?lha emanganya dalam 2-3 tahun dibawa kemana aja? mari coba kita konversi saja ke jarak tempuh supaya lebih dekat patokannya. Tentuny kita memakai asumsi dulu,biar lebih mudah:

1. Asumsi pertama: 1 tahun itu anggap saja 360 hari, tapi anggap saja 1 tahun itu 260 hari karena merupakan jumlah efektif hari kerja dalam setahun (masuk terus dalam 52 minggu). Kenapa?yah pada umumnya motor diguanakn untuk berangkat ke tempat kerja, yo tho?.

2. Asusmsi kedua: berkendara sejauh 40km setiap hari kerja. cukup jauhkah? saya rasa jarak segitu cukup jauh, Depok – Gajahmada PP itu sekitar 50km-an.

3. Asumsi ketiga: untuklebih safety, anggap saja maksimal umur pakai ban 2 tahun.

Dari ketiga asumsi tersebut, dapat kita hitung konversi umur ban ke jumlah jarak tempuh. Perhitungnnya: Maksimal umur ban dikalikan jumlah hari kerja setahun dikalikan jarak berkendara setiap hari kerja. Setelah dihitung (2 x 260 x 40) jumlahnya 20.800 km. Melihat perhitungan tersebut Ban motor saya tampaknya termasuk belum harus diganti. Oh ya sebagai informasi, kalo tidak salah jalan beton akan memperpendek umur ban motor Anda setengahnya dari jalan Aspal…..!!!…….!!!!. Jadi klo ditambahin asumsi Setiap hari lewat jalan beton, ya berarti dibagi dua, hasilnya 10.400 km, bisa2 kena kanker nih xixixixii………Klo gitu dah wajar kayaknya klo ban motor saya harus ganti, secara tiap hari lewat jalan beton kurang lebih 16 kiloan, ampun dah……Tapi yang pasti, utamakan keselamatan saja, klo bannya dah error, sebaiknya ganti, klo belum cukup duitnya, alon-alon wae bawa motornya.

Tags: , ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: