Salut dengan Walikota Surabaya, Optimalisasi Moda Transportasi Umum

Sebenarnya berita ini sudah ada beberapa hari lalu ingin saya sharing. Kenapa?hmm…..simpel saja, Ibu Risma (Tri Rismaharini) mencoba memberikan solusi yang lebih efektif terkait dengan rencana pembangunan jalan tol tengah di Surabaya. Yap, beliau berpendapat pengembangan moda trasportasi umum jauh lebih efektif mengurangi kemcetan.

Ibu Tri Rismaharini dan Bpk. Bambang Dwi Hartono

Saya ingin berikan yang terbaik.  Dimana-mana tol tak dibutuhkan lagi. Solusi kemacetan bukan hanya dengan menambah jalan, tapi buat peralihan menuju ke transportasi umum

Satu lagi petikan Ibu Risma yang lain

Kendaraan bukan hanya butuh jalan, tetapi juga butuh parkir dan sebagainya. Yang memprihatinkan sekarang ini tingkat polusi (meningkat)


Yah, saya sependapat dengan Ibu Risma. Kalau ditarik benang merahnya, kemacetan itu secara umum disebabkan daya tampung jalan lebih kecil dari jumlah kendaraan yang melalui jalan itu.

Mari diulas secara sederhana; Jumlah kendaraan akan terus bertambah, kenapa?jumlah populasi terus bertambah tentunya membutuhkan sarana trasnportasi yang lebih banyak untuk mendukung mobilitas masyarakat. Dan Indonesia merupakan negara yang  cepat pertumbuhan kendaraannya, terbukti sebagian besar perusahaan otomotif menggelontorkan produk-produknya ke Indonesia dan cepet laku pula xixixixiii……Nah dibandingkan dengan prasarana jalan, pertumbuhan pembangunan jalan tidak semulus dengan pertumbuhan kendaraan. Kok bisa? ya itu tadi, klo ga macet berarti kendaraan yang melalui ruas jalan lebih sedikit atau masih dibawah daya tampung jalan, yo tho?

Kalo diamati lagi, pertumbuhan kendaraan yang paling banyak itu ya kendaraan  pribadi, Sedangkan trasportasi umum pertumbuhannya lambat dan bisa dikatakan sebagian besar tidak user friendly (tidak nyaman, mahal, tidak aman etc). Kalo sudah begitu di masa yang akan datang jalanan akan lebih dipenuhi oleh kendaraan pribadi dan tentunya polusi juga meningkat seiring dengan bertambahnya kendaraan. Belum lagi masalah penyediaan parkir, Kendaraan yang afkir, supply BBM etc. Mungkin dari sini lah Ibu Risma memilih membangun moda transportasi umum berupa trem dan monorel untuk role model transportasi di Surabaya.

Yah semoga bisa terealisasi dengan baik bu…..amiiin…..

Beritanya disini

Tags: ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: