Nostalgia Sepeda Motor

Hmmm…….tak terasa dah lama juga nyemplak Mr. Grey, sudah 1 tahun lebih 3 bulan, odometer baru 16.800-an km, tapi ada yang belum kesampaian, Touring ckckckck…….. Ah Jadi teringat masa lalu, saat belajar motor, minjem motor, jalan-jalan naek motor, kebengkel, ngalamin ban kempes etc…… Jadi teringat pula jenis-jenis motornya. Wah gada salahnya nih mengingat kembali sepeda motor yang penah saya kendarai heheee. Yuk bernostalgia:

1. Honda Supercub 800/700

Honda Supercub 700

Sangat memorable, kendaraan pertama keluarga. Hmm klo tidak salah tahun 1993 atw 1994 sepeda motor ini dibeli oleh orang tua, jaman saya kelas 3 SD, warnanya hitam. Tapi saya kurang tahu yang tipe 700 apa 800. Tentunya banyak kenangan di motor ini, yang paling teringat di benak saya, berboncengan 1 keluarga (5 orang) dengan motor ini hahahahaaa…:-)) Ayah tentu sebagai pengemudi, saya didepan, adik saya ditengah sedangkan adik kecil digendong ibu dibelakang. Kebayangkan beban motor yang kudu diterima hahaaaa……:-)) Tentu saja tidak aman juga, ckckck…..:-)) Tapi dari motor inilah saya mulai belajar naik sepeda motor, walaupun kaki ga mijak alias g nyampe. Yah cuma memainkan, stang, gas, kopling gigi (kaki) dan rem, saya bisa melaju normal. Seingat saya motor ini dijual sebelum saya masuk SMP, entah lah lupa heheee…… Ada yang masih punya?

2. Honda Astrea Grand

Honda Grand Astrea

Kendaraan Memorable bagi Pakde saya. Sepeda motor setiap harinya dibawa untuk kulakan toko kelontong di rumah. Dari saya kecil (SD klo g salah) Sampai saat ini, Pakde dan Makde saya masih kulakan tokok kelontong danAlhamdulillah sudah bisa berhaji, Saluut. Seiring umur kendaraan yang semakin tua, kendaraan ini dipensiunkan dari tugas dinas dan digantikan dengan generasi terbaru. Berhubung mindset masyarakat di lingkungan Pakde dan Makde saya dah terpatri dan teruji akan kehandalan motor keluaran Honda, pilihan selanjutnya tetap di Honda juga, Kharisma 125D. Impresi saya naik Astrea Grand ini, yah ora penak blas, lha dibuat ngangkut blanjaan, beras, minyak, jajan, es plastik aneka rasa, shampo, sabun etc dah g “normal” lagi tho yo… Tapi tarikan mesinnya masih moncer, masih kuat sampai tergantikan oleh Kharisma 125 D.

3. Kawasaki Kaze R

Kawasaki Kaze R

Hmm…..cuma sebentar merasakan motor ini, punya temen kecil saya sewaktu dikampung. Pengalaman bawa motor ini rada kagok, yah biasalah adaptasi dengan motor baru. tapi sialnya, lagi papasan sama angkot colt yang skill supirnya mungkin dibawah rata-rata, nyalip ditikungan, jan edan terpaksa saya dan temen saya (dibonceng) sedikit keluar jalur, ya masih bau kencur ya deg-degan, dah gitu disampingnya jurang kecil ada pohon bambu+laut, g tambah ngeri…..Yang tak rasa, Kaze ini  tarikannya alus dan bertenaga.

4. Yamaha Sigma

Yamaha Sigma

Yamaha Sigma, wah klo yang ini Kendaraan kedua keluarga.Yup motor 2 Tak, sodaranya Yamaha Alpha, rada g suka sebenernya dengan motor 2 tak,Berisik, boros, asep. Performa motor ini memang khas 2 tak, cepat akselnya. Tapi yang bikin  saya suka, putaran atasnya nampol bener, walopun g berani kenceng-kenceng, apa emang ciri khas 2 tak ya?. pernah Adu cepet sama alpha yang dah dioprek dikit kayaknya, tapi ditrek pendek , masih didepan walopun g besar amat gapnya. tapi seteleh tikungan akselnya kalah sama yang alpha oprekan itu. Yang paling berkesan dari motor ini, pernah dibawa touring Kediri – Surabaya bareng Ayah!!!!!!!weleh, mantebs. Terpaksa sih sebenernya, gara-gara ada acara sewaktu MTs di Surabaya, biar lebih leluasa muter-muter Surabaya juga, kebetulan ada mess Ayah juga di Surabaya. Mantebs dah, Super Dad.

5. Yamaha Alpha

Yamaha Alpha

Yah tanpa sengaja juga nyemplak motor ini pas SMA. Punya sapa ya, rada g inget hahaha. motor ini kakaknya yamaha sigma, klo g salah speknya sama. sama kayak sigma, tarikan lumayan, putaran atasnya kerasa. cuman sehari saja make motor ini, namanya juga pinjeman hahaaa. Denger2 cih, ni motor klo dah di oprek bis ajauh lebih kenceng. Dah ada yang pernah nyoba?

6. Honda Kharisma 125 D

Honda Kharisma 125 D

Hmm……ini motor 125 yang cukup gambot. Gede, tapi efeknya bener-bener kerasa, stabil di kecepatan tinggi. Yah jaman kuliah pernah minjem ni motor buat beli tiket pulang kampung, penah buat kunjungan lapang ke perkebunan sawit, maen game bareng hahaaa. Ya itu, body gedenya memang enak buat nyeimbangin kestabilan motor di kecepatan tinggi.  Motor ini juga sekarang masih mengabdi di rumah pakde dan makde, tugas utamanya tentu saja buat nganterin kulakan klontong. seprti biasa, kondisi terawati tapi g full enak yah maklum buat nganterin barang-barang yang kadang overload.

7. Suzuki Smash 110

Suzuki Smash 110

Si gesit irit, hmmm…..gesitnya iya, iritnya belum nguji hehehe. Sepeda motor temen, enak buat selap selip. Putaran bwah dan atasnya merata. Tapi sepertinya kualitas meterial plastik motor kurang bagus. Sering saya lihat warna plastiknya cepet memudar dan sebagian besar smash yang saya lihat buritan lampu belakang banyak yang oblak, malah ada yang diisloatip. Sekarang gen smash diwariskan ke Titan 115, naik 5 cc dari sebelumnya. Klo g salah dulu iklannya smash make Basuki (Alrhm), Klo titan sang pelawak yang sederhana Sule OVJ.

8. Supra X125 D

Honda Supra 125 D

Bebek paling laris nih di jajaran bebek Honda. Kalo yang ini dah dah jadi kendaraan abdi ketiga dirumah. kondisi mesin sepertinya maih oke, tapi yah kemakan umur juga sih, dah pernah jatuh pula walopun cuma jatuh g distnadar samping xixixi…..secara perforama asik dibawa kenceng ato pelan, tapi tampaknya ada limiternya. Ga tau bener apa g, yang tak rasa di 80 kpj susah naek ke 100 kpj, padahal smooth nyampe ke 80 kpj. yah bagi saya ini bebek paling worthed dibeli. irit-iritan yah standarnya klo g salah 60an kmpl, belum itung juga cih, yah namanya juga bebek.

9. Supra PGM FI 125

Honda SUpra X 125 pgm-fi

Bebek injection pertama.  Punya temen kelas kuliah, sebelum di launching besar-besaran temen saya dah punya, klo g salah sih. Tarikannya saya rasa responsif, tapi klo sudah dipake lama, terasa melempem, seolah tenaganya habis. Yang teringat dibenak saya, impresi unik motor ini aneh……..aboot…….alias beraat…. Yang saya rasa, lebih entengan kharisma 125 D. Temen kelas saya yang pernah make juga setuju klo mw standar tengah, ngangkatnya sedikit lebih berat, apalagi sekedar mengangkat buritan untuk digeser sedikit. Isitilahnya besi doang isinya hahaahaaa…..:))

10. Yamaha F1ZR

Yamaha F1ZR

Motor ini emang bikin heboh, bentuknya oke, performanya juga oke, g salah klo banyak dipake buat road race. Jadilah motor ini diburu banyak orang, yang speed freak aja tentunya heheee. Jujur aja pengalaman naek F1ZR adalah pertama kali nya saya belajar mengendarai motor kopling. Kao g salah pasa jaman SMA, Kebetulan punya sepupu dan klo g salah sudah full clutch. Weleh, impresinya ya g bisa komen apa-apa, namanya juga belajar dan bisa jalan sebentar, diapndu sebentar sama ayah untuk start awal, dan setelah beberapa belokan mesin motor mati, gtau deh kenapa, yah sukses lah saya menuntun motor, karena g bisa jalanin motor ckckck…..emang belom bisa.

11.  Pulsar Dtsi-180

Pulsar 180 Dts-i

hmmm……motor ini kali kedua saya naik mtor kopling. Belajar lage, kali ini punya temen, pas kapan yak, pas tingkat akhir kayaknya, apa awal kerja ya, lupa. hmm cuman belajar berapa meter saja, ga nyampe 100 m kayaknya. Kelihatannya sih gede dan berat, secara 180cc, tapi pas jalan enteng+anteng. G bisa njelasain rinci lha wong cuman bentar doang xixixi…..

12. Yamaha Vega

Yamaha Vega ZR

Hmm varaian yang mana ya, yang gada indikator posisi gigi, varian Vega ZR kali ya. pas kerja ditempat lama inilah salah satu kendaraan operasional. Motor ini kecil dan kecil pula cc nya, tapi tarikannya enak, bisa kenceng di rpm atas (shift agak ditinggin). Sebeneranya di gigi 4 kecepatan 60 kpj dah ga worthed buat digeber kenceng coz mungkin ada limiternya???sura mesin kayaknya susah diajak lari, terus Bodynya ga banget dah apalagi saya termasuk tinggi.

13. Honda Supra 110

Honda Supra 110

Bebek sejuta umat nih, klo ada dana lebih dikit lebih baik pilih ini, menurut saya sih. Lebih enak aja, beda sama Vega, mtor ini menurut saya masih lebih enak dibuat lari dikecepatan tinggi. Klo varian penerusnya seperti revo belum dicoba sih, tapi kalo Blade, wah ni motor emang terasa aura sportnya.

14. Honda Blade

Honda Blade

Impresi awal naik ini, ergonominya serasa ground clearnya lebih tinggi dari bebek normal, sedikit lebih tinggi. Apa mungkin bisa lebih enak ya klo diupgred ke underbone?duno lah g mudeng hahaaa…dari bebek yang 110 cc yang pernah disemplaki, Blade sepertiya lebih menggigit buat diajak ngebut. Jadi g heran klo Honda Blade banyak yang ditambahin aksesoris free flow muffler buat nambah tenaga. maknyos dah.

15. Yamaha Xeon

Yamaha Xeon

Matic paling manteb nih kayaknya, jujur aja enteng banget buat nghajar 100 kpj. Tapi body agak kurang buat ngimbangin, maklum lah motor kecil. Soal bensinnya, dah umum dan normal klo motor kenceng konsumsi bbmnya juga ngikut, walopun ada juga yang ngga. Mau maric kenceng mungkin nih motor bisa dijadiin salah satu pilihan, menurut saya lho hehehee.

16. Yamaha Vixion

Yamaha Vixion 2010

Hmm dimotor inilah saya benar-benar belajar tentang mengendarai motor kopling. Tidak ada instruktur, gada yang ngawasin, gada yang mandu, gada yang nemenin bonceng, yak cuma berbekal tip and trick bagaimana mengendarai motor kopling dan pengalaman nyemplak F1ZR dan Pulsar 180. Tarik kopling, masukin gigi, gas sedikit, lepas kopling perlahan dan imbangi dengan gas, meluncurlah motor Vixionnya hehehee. Pengalaman pertama tuh ngambil motor dari pol ekspedisi menuju kosan,  Beruntung bisa cepat menguasai motor dengan menempuh jarak kurang lebih 5 km dan selamat sampe ditujuan hahahaha.

Yah sekedera sharing saja, tentunya anda punya pengalaman menarik dengan sepeda motor yang pernah Anda tunggangi bukan?hehee….:)

Tags: , , , , , , , , , ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

9 responses to “Nostalgia Sepeda Motor”

  1. wahyu ridhani says :

    honda astrea grand sama yamaha alpha emang legend bgt dah, dulu pas kecil dimana2 mesti ada mulu,wkkak
    – kaze R juga pernah pake, ni motor berat bobotnya 😦
    – Yamaha F1ZR pernah pake juga, yang full cluth 😀
    asli keren bgt nih motor, cuma borosnya minta ampun, dulu sih mending pas BBM masih 2000 / liter
    kalo pake sekarang mending nangis aja wkakak
    – Honda Kharisma 125 D : ilfeel liat nih motor, bodynya gendut bgt wkakak
    malu pakenya euy 😮
    – Yamaha Vixion : motor punya ade sekarang, asli paling enak motor yang pernah dipake nih
    enak tarikannya, koplingnya responsif bgt, terus mesinnya garang + irit karena pake sistem inject bensin 😀

    btw gak pernah pake motor dari SUZUKI ya nih?
    untung ane pernah, pake suzuku 125 SP nih, bebek pake kopling enak juga tarikannya 😀

    • beckhem says :

      Kharisma Body Emang gendut, tapi enak buat di High Speed, g terlalu melayang heheee….tapi namanya juga bebek di jalan gronjal dikit dah tahu lah rasanya ketimbang motor batangan hehee.
      Suzuki cuman ngrasani Shogun sama Smash, kedua-duanya enak, mesin responsif, yah cuman ngrasani bentar doang, pinjeman. Yang mendingan lama dipake cuman smash, memang enak buat selap selip tapi body nya cepet rusak, terlalu sering liat smash selotipan (body nya).
      Salam…..

  2. IhsanDrift King says :

    Kaze punya saya yg VR baru ganti rantai setelah 7 tahun…
    bener2 awet….
    😀

  3. sukamto says :

    itu supra 100 cc,….bukan 110 cc

  4. bayu says :

    fizr full clutch gak bisa koment apa apa…..biar skrg banyak motor baru tetep Fizr gak ada yg bisa nyamain……

  5. ikyrizki says :

    f1zr emg mantep gan msh bisa ngimbangin vixion lagi

    http://ikyrizki.student.ipb.ac.id/

  6. Adhid Praditya says :

    Kl honda win ko blm kesebut ya? Tu motor dinas bpkku. Pertama kali bljr motor kopling

Leave a reply to beckhem Cancel reply