Pilih Pertamax Atau Shell Super?

Hmm agak susah juga memilih antara dua bahan bakar diatas. Pada prinsipnya semua tergantung pada kenyamanan pemakainya. Ada yang dah enjoy pake pertamax, ada juga yang dah enjoy pake shell super. Bermacam-macam pula pertimbangannya, entah di harga, kualitas, servis SPBU, cocok2an sama mesin dsb. Kedua bahan bakar tersebut sudah saya coba, namun yang shell super baru 5 hari kerja (1 kali isi 5 hari ujicoba).

Menurut saya, Mr. Grey (motor saya) agak kurang pas untuk membandingkan kedua bahan bakar tersebut, yah mengingat shell super baru dicoba. Tapi tak ada salahnya diulas sedikit, dan semua saya record di aplikasi Drivers – Journal. Driver Journal sendiri salah satu aplikasi Log (pencatatan) aktivitas pengisian bahan bakar kendaraan yang bisa anda dapatkan di Android Market. Yuk coba diulas saja:

1. Servis SPBU

hmmm………jika Anda memasuki SPBU shell apakah selalu tampak bersih? ada fasilitas isi angin dan air? dipandu  ke dispenser? dikasih struk bukti pembelian? mungkin jawaban Anda sebagian besar adalah Iya. Kalau di SPBU pertamina? terkadang servisnya tidak seragam. Servis yang diberikan oleh SPBU tersebut tergantung Anda menilainya, bagi saya pribadi saya lebih cenderung seneng dikasih struk sebagai catetan. kebersihan menurut saya agak gampang-gampang susah dijaga, mengingat kotoran yang susah ilang itu kan dari biasanya dari leleran minyak,  jadi klo dah kena yang begituan akan susah ilangnya dan merusak pemandangan. klo sampah semacam plastik/kertas tentunya lebih mudah dibersihkan bukan?yah kembali ke pengelolanya, mau rajin bersih-bersih apa ga dan tergantung Anda pula risih apa ga.

2.Harga

Untuk saat ini harga Shell Super lebih murah. Shell super dijual seharga Rp9.050,-/liter sedangkan Pertamax dijual seharga Rp9.250,-/liter. Klo dihitung-hitung sih, perbedaannya tidak terlalu ekstrim layaknya pertamax dengan premium. Itungan saya sih, standar beli BBM saya Rp60.000,-; pebedaannya ya skitar 140Ml-an atau kurang dari setengah aqua gelas. Setiap bulan ngisi 4 kali, berarti skitar 560 Ml, yah beda setengah literan lah atau skitar Rp4.500-an.

3. Mileage

Mileage yang saya tempuh ternyata berbeda sedikit, saya masih ragu mengingat baru menggukan Shell Super baru 5 hari. Dan di dua hari jalanan yang biasa saya lewati sedang lancar jaya. Tgl 6 Mei 2011 posisi odometer 13.776, isi Pertamax Rp70.000,- dapet 7,7 Liter. Tgl 13 Mei 2011 posisi odometer 14.057, isi Pertamax Rp10.000,- dapet 1,1 Liter. Tgl 14 Mei 2011 posisi odometer 14.098, isi Pertamax Rp50.000,- dapet 5,5 Liter. Terakhir Tgl 20 Mei 2011 posisi odometer 14.328, isi Shell Super Rp60.000,- dapet 6,6 Liter.Yuk dihitung-hitung Mileagenya

Pertamax, Total Pertamax yang dibeli 14,3 Liter dengan total jarak tempuh 552 Km, berarti sekitar 38,6 km/liter.

Shell Super, Total Shell Super yang dibeli 6,6 liter dengan total jarak tempuh 282 (odometer saat ini 14.610, posisi jarum tangki hampir sama), berarti sekitar 42,72 km/liter.

Terlihat perbedaannya sekitar 4 km/liter, tapi belum menjadi acuan sebab baru diisi sekali dan saya 2 hari pernah lancar jaya. Klo diisi Shell Super lagi sepertinya g jauh-jauh amat perbedaannya. Dan bisa diasumsikan saja konsumsi BBM Vixion saya 40 km/liter plus minus 5%an, setujuh??!!!.

4.  Feel

Hmm.. entah sugesti atw apa, Shell Super memang seperti kabar yang beredar terasa lebih enak saja tarikannya, bertenaga tapi smooth. Suara mesin sedikit lebih ‘tenang’. yah namanya juga feel, setiap orang pasti berbeda. Tapi temen sekantor saya juga bilang seperti itu, entah lah bagi Anda seperti apa pengalamannya. Pertamax menurut saya agak kurang smooth dan suara mesin sdikit lebih brisik.

Mungkin itu pengalaman yang bisa diulas dalam 4 parameter diatas. Selamat memilih heheheee…;-)

Tags: ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

2 responses to “Pilih Pertamax Atau Shell Super?”

  1. FananNco.com says :

    Ane sih lebih nyaman pakai shel super gan, secara dimesin lebih enak, isianya jg sesuai alias pas, trus lebih ramah dan prof di pelayanan,,,

Leave a Reply

