Hati-Hati Demam Berdarah Mengintai……….

Hmm……selama seminguan ini, saya mendapatkan kabar bahwa salah seorang klien teman menderita demam beradarah (DB), kemudian kabar tersebut (DB) juga menjangkiti anak pimpinan kantor, tak butuh lama ternyata adik teman kantor juga terkena DB. Waduh…..musim pancaroba tampaknya memang sangat pas untuk berkembang biaknya para nyamuk khususnya genusAedes, penyebab penyakit DB.

Siklus Nyamuk

Penyakit DB disebabkan oleh virus sehingga apabila ada keluarga/rekan kerja/teman/sahabat terkena penyakit ini meskipun cuman gejala awal langsung saja tanpa kompromi dibawa ke Rumah Sakit (RS) terdekat. RS tentunya sudah ahli dan berpengalaman dalam menangani penyakit ini. Lantas sebelum hal tersebut terjadi alangkah baiknya dilakukan tindakan preventif yah……mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?.

4M.......Mengubur, Menutup, Menguras, Memantau

Semenjak saya kecil sampai saat ini istilah 3 M adalah salah satu jurus ampuh untuk mencegah meluasnya penyakit DB ini bahkan sudah sampe ada istilah 4M. Prinsip kerjanya sih simpel, memutus siklus hidup sang nyamuk. Apabila berhasil, tentu populasi nyamuk tidak dapat berkembang secara pesat. Perlu Anda ketahui dari telur sampai menjadi nyamuk dewasa cuman butuh waktu 7-8 hari saja dan bisa bertahan sampai 1 bulan. Istilah 3M adalah Mengubur, Menutup dan Menguras, penjelasannya seperti dibawah ini:

  • Menguras bak mandi, untuk memastikan tidak adanya larva nyamuk yang berkembang di dalam air dan tidak ada telur yang melekat pada dinding bak mandi.
  • Menutup tempat penampungan air sehingga tidak ada nyamuk yang memiliki akses ke tempat itu untuk bertelur.
  • Mengubur barang bekas sehingga tidak dapat menampung air hujan dan dijadikan tempat nyamuk bertelur.

Istilah 4M pada prinsipnya sama dengan 3 M diatas, M yang satunya lagi adalah Memantau. Memantau tempat2 kemungkian berkembangnya sang Nyamuk.  Disamping 3M atau 4M tersebut, tak ada salahnya menggunakan lotion anti nyamuk  saat beraktifitas di luar ruangan maupun saat tidur. Minum multivitamin juga bermanfaat untuk menaikkan imun tubuh terhadap makhluk asing dalam tubuh.

Jujur saja, 2 minggu terakhir ini setiap minggu sekali saya harus menguras bak mandi karena sudah ada jentik2 nyamuk. Padahal sebelum2nya paling 2 atau 3 minggu baru ada jentik2 dan itu pun tidak sberapa banyak. Yah bagi saya ini pertanda alam bahwa musim bekembangnya nyamuk sudah dimulai.

Semoga bermanfaat………..Waspadalah…..!!!!!

About these ads

Tags: , , , , , , , ,

About beckhem

Cuma pengen sharing2 aj

2 responses to “Hati-Hati Demam Berdarah Mengintai……….”

  1. cumi says :

    Syapa ade tmn kantoor yg kena DB? :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 162 other followers

%d bloggers like this: